Jalaluddin Rakhmat: Toleransi Beragama Memburuk karena Kontes Popularitas

image

Bagi Jalaluddin Rakhmat, seorang cendekiawan Muslim, penyebab meningkatnya tindakan intoleransi di Tanah Air cuma satu: politik. Kata dia, agama saat ini sudah seperti komoditas. Layak jual dan bisa 'dipasarkan'. Demi mendulang suara mayoritas, isu agama pun dimainkan dengan menyerang kaum minoritas. Kang Jalal--sapaan akrabnya--mengambil kasus kaum Syiah di Sampang sebagai contoh.

selengkapnya...

Tue, 23 Sep 2014 @16:51

Peristiwa Sebelum Wafat: Ketika Rasulullah saw Sakit

image

Dalam Shahih Bukhari ada hadits dengan sanad dari Ubaidillah bin Abdullah bin Utbah dan berasal dari Ibnu Abbas bahwa ketika Rasulullah saw sedang mendekati ajal, berkata kepada para sahabat yang berada di sekelilingnya.

selengkapnya...

Tue, 23 Sep 2014 @16:48

Mengapa Tertarik Memilih Islam Syiah?

image

Mengapa mereka menjadi Syiah? Mungkin pertanyaan itu yang terucap ketika ada orang yang menjadi Syiah di tengah gencarnya propaganda anti Syiah, baik di dunia maya atau di mimbar-mimbar. Ketertarikan kepada syiah justru bersumber dari provokasi anti syiah. Kebanyakan jemaah yang kemudian jadi syiah justru membaca buku tentang kesesatan syiah terlebih dahulu baru kemudian mereka mengkaji dari sumber yang kompeten. Seorang komentator di FB juga mengamini hal yang sama.

selengkapnya...

Mon, 22 Sep 2014 @22:46

Kiat Mengobati Penyakit Hati [KH Jalaluddin Rakhmat]

image

Di sebuah kota ada seorang pria yang menanam pohon berduri di tengah jalan. Walikota sudah memperingatkannya agar memotong pohon berduri itu. Setiap kali diingatkan, orang itu selalu mengatakan bahwa ia akan memotongnya besok. Namun sampai orang itu tua, pohon itu belum dipotong juga. Seiring dengan waktu, pohon berduri itu bertambah besar. Ia menutupi semua bagian jalan. Duri itu tidak saja melukai orang yang melalui jalan, tapi juga melukai pemiliknya. Orang tersebut sudah sangat tua. Ia menjadi amat lemah sehingga tidak mampu lagi untuk menebas pohon yang ia tanam sendiri.

selengkapnya...

Sun, 21 Sep 2014 @08:15

Tanda-Tanda Penyakit Hati [KH Jalaluddin Rakhmat]

image

Dalam kitab Matsnawi, Rumi mengisahkan suatu negeri yang mengalami kekeringan yang panjang. Orang-orang salih dan para ulama berkumpul untuk melakukan salat istisqa namun hujan tidak turun juga. Karena hujan tidak turun, akhirnya para pendosa pun turut berkumpul di tanah lapang. Sebagai ahli maksiat, mereka tidak tahu bagaimana cara salat istisqa. Mereka hanya memukul genderang sambil mengucapkan puji- pujian dalam bahasa Persia yang terjemahannya berbunyi: Titik-titik hujan sangat indah untuk para pendosa. Begitu juga kasih sayang Tuhan sangat indah untuk orang-orang durhaka. Mereka hanya mengulang-ulang kata-kata itu.

selengkapnya...

Sun, 21 Sep 2014 @08:06

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 »

Copyright © 2014 Misykat · All Rights Reserved