Rubrik
Terbaru
SHALAWAT (VERSI SUNDA)

 

RSS Feed

Ustadz Miftah: Kalau Syiah Sesat Maka Sunni pun Harus Disesatkan

image

Alunan doa berhenti. Dari arah belakang dua pemuda dengan kopiah hitam dan mengenakan sarung maju ke depan. Mengambil mikrofon yang diberikan pembaca doa pagi dan sore. Kemudian salah seorang mengalunkan ayat al-Quran tanpa membaca mushaf al-Quran. Temannya di samping memegang mushaf al-Quran. Sesekali mengingatkan yang mengalunkan ayat al-Quran kalau ada kalimat yang terlewat. Indah sekali lantunannya. Sejuk dan tenteram terasa dalam hati.

selengkapnya...

Sat, 30 May 2015 @08:24

Memahami Invasi Ignaz Goldziher dan Joseph Schacht: Mengenal Buku Misteri Wasiat Nabi [by HERNOWO]

image

Saya baru benar-benar memahami peran dan keahlian Goldziher-Schacht lewat buku Misteri Wasiat Nabi ini. Kang Jalal begitu rancak dan gamblang dalam menjelaskannya. Goldziher mewakili sarjana Barat yang mencoba menerapkan metode sejarah untuk menguji otentisitas hadis. Ia memperluas kritik hadis dari sekadar kritik isnad kepada kritik matan. Jika matan suatu hadis mengandung absurditas historis atau logis, hadis itu harus ditolak.

selengkapnya...

Fri, 29 May 2015 @22:30

Writing History, Constructing Religion: Mengenal Buku Misteri Wasiat Nabi karya Kang Jalal [by HERNOWO]

image

Baru kali ini saya dapat menikmati buku tentang sejarah Islam yang tidak membosankan, tidak kering, dan (maaf) menegangkan (membuat penasaran diri saya). Lewat kemampuan Kang Jalal dalam membaca literatur sejarah dalam berbagai bahasa, selain literatur berbahasa Inggis dan Arab, dalam buku ini saya temukan juga literatur (atau kutipan-kutipan) berbahasa, antara lain, Jerman, Italia, dan Perancis, dan kemampuan Kang Jalal dalam menyampaikan analisis yang sangat jernih dan tertata, disertasi Kang Jalal begitu indah dalam menyajikan sejarah Islam yang terentang panjang belasan abad (sejak Nabi SAW yang mulia wafat).

selengkapnya...

Fri, 29 May 2015 @22:19

Putera Mahkota Arab Saudi: Syiah bagian dari Umat Islam

image

Muhammad bin Nayef, putera pendiri Kerajaan Arab Saudi menyebutkan Syiah diakui sebagai bagian dari umat Islam, sehingga menumpahkan darah warga Syiah adalah tindakan yang tidak bisa dibenarkan. Ia juga menegaskan bahwa warga Qatif yang mayoritas Syiah sebagai bagian dari kerajaan yang punya hak untuk mendapatkan keamanan. Dalam pernyataannya, ia juga menyerukan semua komponen masyarakat untuk menjaga persatuan nasional.

selengkapnya...

Thu, 28 May 2015 @14:07

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 »

Copyright © 2015 Misykat · All Rights Reserved