Minat beli buku klik covernya
image

 

AUDIO KAJIAN ISLAM

KATALOG Kajian Islam
image

.

TATA CARA SHALAT

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

MUI Jabar: Syiah Tidak Sesat

image

 

Rabu, 2 Mei 2012, Sekretaris Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat (MUI Jabar) K.H. Rafani Achyar mengatakan kepada Detik bahwa sulit memfatwakan Syiah sebagai aliran sesat.

Meski dari Bandung sendiri ada segelintir orang yang menyatakan sesat dan merekomendasikan untuk dibubarkan lembaga-lembaga Syiah, tetapi itu tak membuat MUI Jabar menurut begitu saja.

Rafani mengatakan ada banyak kesamaan antara mazhab Syiah dengan Sunni. Dari segi pemahaman tentang Islam, Syiah tidak berbeda jauh dengan yang mayoritas Islam Indonesia. Namun ada beberapa hal yang berbeda.

Menurut Rafani, Syiah menolak hadits yang tidak diriwayatkan oleh Ahlulbait. Hadits Bukhori mereka tolak karena dianggap bukan Ahlulbait. Meski menolak hadits Bukhori, bukan berarti mereka tidak merujuk pada hadis.  Kemudian yang berbeda tentang kawin mutah alias kawin kontrak dan Syiah memandang Imam Ali bin Abi Thalib sebagai manusia yang bebas dari dosa. Meski demikian, MUI tidak mau gegabah
untuk menegaskan Syiah adalah paham sesat.

Pernyataan Rafani ini dibenarkan oleh Ketua MUI Jabar K.H.Hafdz Usman
dalam sebuah wawancara dengan Suara Pembaruan.

KH.Hafidz Usman mengakui keberadaan komunitas Syiah di Jawa Barat. “Kalau kita terbuka saja di Jawa Barat ada bibit-bibit itu tapi kita bergaul dengan cara bijak,” ujarnya.

Menurut Hafidz, para pemuka agama dan masyarakat harus memandang perbedaan pemikiran terkait agama itu sebagai hal yang wajar. Namun, perbedaan itu jangan sampai menjadi alasan pembenar untuk menyatakan dirinya sebagai pihak yang paling benar.

Hafidz juga menyatakan kelompok Syiah tidak bisa disamakan dengan kelompok agama lain yang sudah dinyatakan sesat lewat fatwa MUI seperti ajaran Islam Suci di Kabupaten Sukabumi dan kelompok Ahmadiyah. “Syiah tidak (sesat),” tegas Hafidz. 

Sumber: Kompasiana

Wed, 23 Apr 2014 @10:25

Copyright © 2020 Misykat · All Rights Reserved