AUDIO MISYKAT

TATA CARA WUDHU

TATA CARA SHALAT

TATA CARA TAYAMUM

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK: Komunitas Misykat

BAHAN BACAAN

Tata Cara Wudhu

image

Perintah melakukan wudhu sebelum shalat tercantum dalam Al-Quran surah Al-Maidah ayat 6, “wahai orang-orang yang beriman apabila kalian hendak mengerjakan shalat maka basuhlah wajah dan tangan kalian bersama siku dan usaplah sebagian dari kepala kalian dan kaki kalian sampai mata kaki (pergelangan).”

Dalam riwayat disebutkan bahwa Imam Ja'far Ash-Shadiq bin Imam Muhammad Al-Baqir bin Imam  Ali Zainal Abidin bin Imam Husain bin Imam Ali bin Abi Thalib as berkata: Wajibnya membasuh anggota wudhu adalah sekali saja. Untuk basuhan yang kedua tidak mendapat pahala, dan untuk basuhan ketiga dianggap bid'ah, dan bid'ah adalah sesat.

Berikut ini urutan dan tata cara wudhu berdasarkan Fikih Mazhab Ahlulbait yang diambil dari situs Al-Shia

Pertama kali, berniatlah untuk berwudhu dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah. Ambillah air wudhu dengan tangan kanan.

Kedua, basuhlah wajah Anda dengan air tersebut dimulai dari tempat tumbuhnya rambut di dahi hingga ujung janggut. Membasuh wajah disyaratkan dari atas ke bawah. 

Ketiga, ambillah air untuk kedua kalinya dengan tangan kiri dan basuhlah tangan kanan dimulai dari siku-siku hingga ujung jari-jari. Membasuh tangan kanan disyaratkan dari atas ke bawah. 

Keempat, ambillah air untuk ketiga kalinya dengan tangan kanan dan basuhlah tangan kiri dari siku-siku hingga ujung jari-jari. Membasuh tangan kiri juga disyaratkan dari atas ke bawah.

Kelima, usaplah kepala bagian atas ke arah depan dengan tangan kanan dan menggunakan sisa air yang tersisa di tangan. Anda tidak diperkenankan mengambil air baru untuk mengusap kepala.

Keenam, usaplah kaki kanan Anda dengan sisa air yang ada di tangan kanan dari ujung jari kaki hingga pergelangan kaki. Anda tidak diperkenankan mengambil air baru untuk mengusap kaki kanan.

Ketujuh, usaplah kaki kiri Anda dengan sisa air yang ada di tangan kiri dari ujung jari kaki hingga pergelangan kaki. Anda tidak diperkenankan mengambil air baru untuk mengusap kaki kiri. Dengan demikian, Anda telah selesai berwudhu.

Demikian bagian-bagian wajib dalam wudhu. Sedangkan bagian yang sunah (mustahab) dalam wudhu adalah membaca lafal doa niat, membasuh telapak tangan hingga pergelangan, kumur-kumur, dan memasukkan air ke lubang hidung sebanyak tiga kali. (redaksi))

 

Thu, 18 Feb 2016 @18:39

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved