Rubrik
Terbaru
Media Kajian

Fanpage Facebook MISYKAT

YouTube Channel Misykat TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Ketua Umum PP Persis Marah dalam Seminar

image

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Islam (Persis) Prof.Dr.H.Maman Abdurrahman marah besar saat Seminar Kupas Tuntas Siapa Syiah yang belangsung Sabtu, 7 Desember 2013 siang di Aula Universitas Islam Bandung (UNISBA),  Jalan Taman Sari Bandung.

Pasalnya Prof Maman tidak terima dengan pernyataan dari peserta seminar yang meragukan kebenaran dari uraian yang disampaikannya. Peserta seminar tersebut bicara secara lantang dari barisan paling belakang karena moderator tidak memberikan kesempatan untuk bicara.

Maman yang disebut-sebut oleh moderator calon Rektor UNISBA menyatakan siap bicara dengan bahasa Inggris atau Arab kepada siapa pun yang ingin berdebat dengannya berkaitan dengan Syiah.  

Sambil maju ke depan, Prof Maman yang juga penulis buku Antara Sunni dan Syiah: Studi Banding Aspek Aqidah, Ibadah, dan Muamalah berteriak:   “Ayo kita bicara dengan bahasa Inggris atau Arab.”

Maman kemudian ditenangkan oleh moderator hingga duduk kembali. Kemudian peserta lain berdiri sambi memegang mikrofon menyatakan dirinya seorang aktivis ormas Islam Syiah. Peserta ini pun sama memberikan keberatan dengan uraian yang disampaikan Maman yang provokatif dan sumber yang tidak bisa dipercaya.

“Saya dari awal mendengarkan uraian Bapak . Ternyata tidak sesuai dengan yang saya baca dari buku-buku Syiah yang ditulis ulamanya,” sanggahnya.

“Saya sudah meneliti Syiah dengan menulis karya ilmiah S1, S2, dan S3 sekarang di UIN Ciputat Jakarta. Bapak kelihatannya hanya mengulang-ulang dan tidak melakukan riset. Sebagai akademis harusnya melakukan riset sebelum bicara,” lanjutnya.

“Saya merujuk langsung buku-buku Syiah dan ini buku bukan tulisan saya. Saya mengambil dari sumber Syiah,” kata Maman dengan wajah bingung. 

Kepada Maman, peserta ini mengajak dialog dalam bentuk buku dan langsung menyerahkan dua buku yang berjudul Kesesatan Sunni Syiah dan Merajut Ukhuwah Memahami Syiah.

Prof Maman menyatakan bersedia kemudian memberikan bukunya, yang dalam seminar disebut 100 buku dibagikan gratis. Namun, yang diberikan kurang dari jumlah tersebut.

Buku Antara Sunni dan Syiah ini berisi uraian tentang mazhab Syiah yang dari isi tampaknya hanya mengulang dari buku-buku sebelumnya yang menyerang Syiah. Bahkan, ada beberapa kutipan yang menyebutkan sumber yang dikutip dari buku lain.

Selain tokoh utama Persis, yang menjadi pembicara adalah Dr.H.M.Wildan Yahya, Acep Saeful Millah, dan dimoderatori oleh aktivis KAMMI. (redaksi misykat)

 

Sun, 8 Dec 2013 @09:27

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved