Minat beli buku klik covernya
image

 

AUDIO KAJIAN ISLAM

KATALOG Kajian Islam
image

.

TATA CARA SHALAT

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

Mungkinkah Imam Syafii Seorang Syiah? [by Jalaluddin Rakhmat]

image

Imam Syafii pernah berkata, “Jika ada orang yang menuduhku Syiah lantaran mencintai Keluarga Nabi, maka saksikanlah wahai seluruh manusia dan jin bahwa saya memang penganut Syiah.” Yang saya tanyakan, mungkinkah Imam Syafii juga adalah seorang Syiah?

IMAM Syafii pernah bersyair, “in kaana rafdhaan hubba aali Muhammadin fal yasyhadits-tsaqalaanu innii raafidhi; kalau Syiah (Rafidha) itu mencintai keluarga Muhammad, maka saksikanlah hai jin dan manusia bahwa saya ini seorang Syiah.”

Arti Syiah itu bermacam-macam. Ada yang mengatakan bahwa Syiah itu yang mendewa-dewakan Imam Ali bin Abi Thalib karamallahu wajhah. Namun, bukan itu yang dimaksud oleh Imam Syafii. Yang diucapkan Imam Syafii itu sebetulnya balaghah. Hanya orang yang pernah belajar balaghah yang mengetahui maknanya.

Jadi, sama sekali Imam Syafii bukan berbau Syiah. Itu sama dengan ucapan, “Kalau yang disebut kafir itu berbakti kepada orangtua maka hendaklah semua isi dunia menyaksikan bahwa saya ini yang paling kafir.” Itu balaghah.

Atau kalimat ini, “Kalau yang disebut bodoh itu tidak mau menafsirkan Al-Quran sebelum membaca kitab tafsir, hendaklah jin dan manusia menyaksikan bahwa saya ini manusia yang paling bodoh.” Ini juga balaghah. ***

Sumber buku Menjawab Soal-Soal Islam Kontemporer karya Jalaluddin Rakhmat, Penerbit Mizan Bandung.


Tue, 17 Mar 2015 @19:14

Copyright © 2020 Misykat · All Rights Reserved