Rubrik
Terbaru
BERBAGI BUKU

Bagi yang ingin buku-buku bacaan ISLAM. Silakan tulis nama, alamat lengkap, dan nomor WhatsApp yang aktif pada KONTAK

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

12 Imam Syiah di Masjid Nabawi

image

Jika Anda melaksanakan ibadah haji atau umroh, saat di Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi, cobalah tengok nama-nama yang tertulis di dalam masjid, tepatnya di tempat yang ada payung. Ruangan terbuka yang di sisi-sisinya tertulis nama para sahabat, tabiin, dan tabiit tabiin.

Yang namanya tertulis di situ tentu saja orang-orang penting dan mempunyai peran dalam perkembangan Islam. Ada 4 khulafaurrasyidin, ada empat imam madzhab fiqih sunni dan ada 12 nama Imam Syiah.

Di antara nama Imam Syiah, nama Imam Ja'far Shadiq mungkin lebih dikenal (selain Imam Ali, Hasan dan Husein) di kalangan Sunni. Selain karena penamaan madzhab Syiah juga sering disebut madzhab Ja'fari, beberapa Imam Sunni juga pernah belajar kepada beliau.

Imam Abu Hanifah misalnya pernah mengatakan bahwa kalau tidak belajar kepada Imam Ja'far selama dua tahun maka celakalah Nu'man. Juga Imam Malik belajar kepada Imam Ja'far.

Entah sejak kapan nama-nama Imam Syiah itu tertulis di situ dan apa motivasinya? Saya belum menemukan penjelasan memuaskan.

Dalam tulisan yang lain, saya mencoba menangkap pesan persatuan yang penting dilakukan ummat Islam. Sebab hanya dengan persatuan kaum muslim maka kejayaan Islam dapat diraih.

Sumber : FX MUCHTAR

 

Thu, 4 Feb 2016 @00:13

Copyright © 2017 Misykat · All Rights Reserved