CERAMAH DAN KAJIAN ISLAM

TATA CARA WUDHU

TATA CARA SHALAT

TATA CARA TAYAMUM

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK: Komunitas Misykat

BAHAN BACAAN

Islam sebagai Agama Madani (4) [KH Jalaluddin Rakhmat]

image

 

Agama madani, sebagaimana Islam Madani, tidaklah bersifat denominasional, tetapi nasional. Ini berarti semua kelompok keagamaan bisa memberi sumbangan untuk pengisiannya. Tapi begini, saya kira Islam Madani merupakan tahap ketiga dari perkembangan pemikiran Islam, setelah tahap Islam Fiqhi dan Islam Siyasi.

Begitu juga agama madani yang berwatak universalistik merupakan evolusi dari doktrin Pancasila yang bersifat nasionalistik. Jadi, dalam kerangka seperti inilah kita tidak bisa membayangkan bahwa di bawah proyek agama madani akan muncul agenda-agenda negara Islam, kekhalifahan, dan sejenisnya.

Gagasan tentang negara Islam, kekhalifahan Islam, atau Syariah Islam, adalah gagasan-gagasan partikularistik yang mencerminkan egosentrisme umat Islam. Kelompok-kelompok yang berjuang menegakkan Syariat Islam untuk, misalnya, pemakaian jilbab, pandai baca tulis Qur’an, dan seterusnya, bukanlah memperjuangkan Islam Madani. Ini karena agenda-agenda seperti itu bersifat partikular dan subjektif; hanya ditujukan untuk kalangan internal Muslim. Agenda Islam Madani bukan seperti itu. Agenda Islam Madani adalah untuk kemaslahatan yang lebih luas.

Jadi saya tidak khawatir Islam Madani akan diserobot oleh kelompok-kelompok pendukung Syariah Islam, negara Islam, dan kekhalifahan Islam. Secara kategoris mereka tidak setuju gagasan Islam Madani yang pluralistik.

Agama madani tidak dimaksudkan untuk ditundukkan di bawah suatu otoritas politik apapun, atau di bawah suatu rezim. Agama madani adalah untuk kepentingan negara, bukan kepentingan penyelenggara negara. Agama madani dirumuskan untuk memberikan justifikasi etis dan rasional untuk perjuangan bersama menyejahterakan bangsa. Ini adalah semacam kerangka politik etis untuk memberantas korupsi yang merusak negeri ini, menentang kapitalisme global yang menyingkirkan pedagang-pedagang kecil, menentang tipu muslihat privatisasi demi kepentingan neo-liberalisme.

Kebanyakan orang menentang kapitalisme global dengan ideologi sosialisme, namun dengan agama madani, mulai sekarang kita bisa melawan globalisasi neolib berdasarkan landasan agama dan negara sekaligus.

Cita-cita agama madani, termasuk di dalamnya Islam Madani, sesungguhnya sederhana saja. Dengan bahasa populer, Islam Madani berarti “ hubbul wathan minal iman”, artinya “mencintai tanah air ialah bagian dari iman”. Agar semua orang merasa bahwa mencintai negara adalah bagian dari iman.

Karena itu, musuh Islam Madani adalah penindasan, setiap bentuk kezhaliman, segala hal yang menyebabkan negara mengalami malfungsi. Pokoknya segala sesuatu yang menyebabkan Indonesia menjadi negara gagal, atau menderita gagal-negara. [selesai] 

KH JALALUDDIN RAKHMAT adalah Calon Anggota DPR RI No.Urut 1 dari PDI-P Dapil Jawa Barat II meliputi Kab. Bandung dan Kab. Bandung Barat

 

Tue, 27 Dec 2016 @13:44

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved