AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Penjelmaan Amal [by KH Jalaluddin Rakhmat]

image

Pada suatu hari Muadz bin Jabal duduk di dekat Nabi Saw di rumah Ayub Al-Anshari. Muadz bertanya: "Ya Rasulullah, apa yang dimaksud dg ayat: Pada suatu hari ditiupkan sangkakala dan kalian datang dalam bergolong-golongan?" (QS. 78:18).

Beliau menjawab: "Hai Muadz, kamu bertanya tentang suatu yang beratUmatku akan dibangkitkan menjadi sepuluh golongan. Tuhan memilah mereka dari kaum muslimin dan mengubah bentuk mereka. Sebagian mereka berbentuk monyet. Sebagian lagi berbentuk babi. Sebagian lagi berjalan terbalik dengan kaki di atas dan muka di bawah lalu diseret-seret. Sebagian lagi buta merayap-rayap. Sebagian lagi tuli bisu tidak berpikir. Sebagian lagi menjulurkan lidahnya yang mengeluarkan cairan menjijikkan semua orang. Sebagian lagi mempunyai tangan yang terpotong. Sebagian lagi disalibkan pada tonggak-tonggak api. Sebagian lagi punya bau yang lebih menyengat dari bangkai. Sebagian lagi yang mengoyak-koyakkan kulitnya.

"Ada pun orang yang berbentuk monyet adalah para penyebar fitnah yang memecah belah masyarakat. Yang berbentuk babi adalah pemakan harta haram (seperti koruptor). Yang kepalanya terbalik adalah pemakan riba. Yang buta adalah penguasa yang zalim. Yang buta dan tuli adalah yang takjub dg amalnya sendiri. Yang menjulurkan lidahnya dg sangat menjijikkan adalah para ulama atau hakim yang bertentangan dg omongannya. Yang dipotong kaki dan tangannya adalah orang yang menyakiti tetangga. Yang disalibkan pd tonggak api adalah para pembisik penguasa yang menjelekkan manusia yang lain. Yang baunya menyengat dr bangkai adalah orang yang pekerjaannya hanya mengejar-ngejar kesenangan jasmaniah dan tidak membayarkan hak Allah dalam hartanya. Yang dicekik oleh pakaiannya sendiri adalah orang yang sombong dan takabur."

Hadis diatas dikutip dari kitab Tafsir Majma Al-Bayan (jilid 10, halaman 43) mengisahkan wujud manusia pada hari kiamat nanti. Saikh Al-Akbar Ibnu Arabi menyatakan bahwa semua makhluk berasal dari Tuhan, apel kembali sebagai apel, kambing kembali sebagai kambing, dan manusia belum tentu sebagai manusia lagi. Anda datang sebagai manusia, tetapi boleh jadi kembali kepada-Nya sebagai babi, monyet, anjing atau manusia dalam bentuk penampilannya.

Apa yang menentukan bentuk manusia ketika ia kembali kepada Tuhan? Menurut hadis di atas, seperti yang diperkuat oleh banyak ayat Al-Quran, yang menentukan kita sekarang dan juga nanti adalah amal-amal kita.

Siapa kita sebenarnya akan kita ketahui ketika ketika kita menghembuskan nafas terakhir. Tuhan berfirman: "Maka kami singkapkan tirai yang menutup matamu dan tiba-tiba matamu hari ini menjadi amat tajam" (QS. 50:22).

KH Jalaluddin Rakhmat adalah Ketua Dewan Syura IJABI


Sat, 18 Mar 2017 @06:59

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved