AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Jalaluddin Rakhmat dan JIL: Mengaji Kitab Al-Kafi (3)

image

Perbedaan ketiga, mengenai perintah untuk berpegang pada Al Qur’an dan Sunnah yang disebut dalam Sahih Bukhari dengan redaksi kalimat “….mâ in tamassaktum bihimâ lan tadlallû abadâ: Kitaâbullah wa Sunnatî."

Dalam kitab Al Kâfi, selain hadits ini, juga dimuat hadits dengan redaksi yang sedikit berbeda yakni “ …..Kitâbullah wa ‘Ithrati ahli baytî…”.

Menurut penelusuran Kang Jalal, hadits dengan redaksi yang disebut belakangan ini ternyata juga disebut dalam kitab hadist sahih Sunni selain Al Bukhari.

Istilah “sunnati” menurut kang Jalal hanya merujuk pada makna Sunnah secara khusus, sementara istilah “ithrathi” lebih bersifat umum karena ia merujuk Sunnah Nabi dan keluarga nabi sebagai penerus Sunnah beliau sekaligus.

Menutup presentasinya, Kang Jalal kembali mengingatkan bahwa betapa pengkajian terhadap kitab Al Kâfi mengingatkan kita untuk mempertimbangkan ulang kritisi hadits. Sistem al Jarh wa al Ta’dîl yang biasa dipakai oleh penulis hadits di kalangan ulama Sunni dalam menentukan derajat kesahihan hadits, menurut Kang Jalal, tidak lagi memadai dan menyimpan banyak masalah.

Kang Jalal menyebut salah satu kaidah dalam metode ini, yaitu al-Jarh muqaddam ‘ala al ta’dîl, artinya yang mencela harus didahulukan dari pada yang memuji perawi hadits.Mengikuti kaidah ini, seandainya dalam setiap hadits ada satu orang yang mencela satu sanadnya, maka ini berarti semua hadits bisa berpotensi menjadi tidak sahih.

Untuk itu, ajakan Al Kulayni dalam kitab Al Kâfi untuk mengkritisi hadist dari segi matan (isinya), dan bukan dari segi sanadnya, menjadi sangat relevan dan terasa urgensinya saat ini, terutama di mana kebenaran dan klaim-klaim agama ditantang berhadap-hadapan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Wallahu A’lam Bisshawab. 

Fri, 28 Mar 2014 @21:54

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved