Minat beli buku klik covernya
image

 

AUDIO KAJIAN ISLAM

YouTube Misykat TV
image

Subscribe Channel Misykat TV

Follow Twitter Misykat
image

Silahkan ikuti Twitter Misykat

TATA CARA SHALAT

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

Memahami Sunnah Nabawiyah [by Muhammad Babul Ulum]

image

As-Sunnah, menurut bahasa berarti cara atau jalan. As-Sunnah Nabawiyah dalam pemahaman umum umat Islam merupakan petunjuk Nabi Muhammad Saw.

Ar-Raghib al-Isfahani, dalam Mufradat al-Quran, bab As-Sunan, mendefinisikan as-sunnah sebagai berikut: As-sunan adalah bentuk jamak dari sunnah. Sunnat al-wajhi berarti jalannya. Dan sunnat an-nabî berarti jalan yang ditempuhnya.

Mana al-Qathan, membagi sunnah menurut tiga ahli. Pertama, menurut ahli ushul: Sunah adalah ucapan, perbuatan, dan ketetapan Rasulullah Saw. Kedua, menurut ahli fiqh: sunah adalah sesuatu yang ditetapkan (untuk dikerjakan) oleh Rasulullah Saw selain wajib. Ketiga, menurut ahli hadis: sunah adalah ucapan, tindakan, ketetapan, sifat, sejarah kehidupan Rasulullah Saw. Biasa juga disebut dengan hadis.

Sayid Hasyim ar-Rifa’i, tokoh Ahlussunnah dari Kuwait, mendefinisikan sunnah sebagai cara yang ditempuh oleh Rasulullah Saw dalam menetapkan, bertindak, memerintah, menerima atau menolak.

Beliau menolak maksud kata as-sunnah sebagaimana dipahami oleh khalayak pada umumnya yang adalah hanya hadis Rasulullah Saw dalam istilah ahli hadis, atau pun padanan al-faridhah dalam istilah ahli fiqh maupun ahli ushul.

Dari definisi di atas tampak perbedaan para ulama tentang apa yang dimaksud dengan kata as-sunnah. Meski berbeda, tetapi ada titik temu di antara mereka dalam membatasi arti kata itu. Yaitu, apa-apa yang dinisbatkan kepada Rasulullah Saw, entah berupa ucapan, perbuatan maupun ketetapan.

Kita cukupkan definisi as-sunnah sampai di sini. Kita tidak perlu memperpanjang bahasan perbedaan para ulama tentang apa yang dimaksud dengan as-sunnah. Apa yang dimaksud dengan as-sunnah dalam bahasan kita sekarang adalah seperti definisi ahli hadis, yaitu kata lain dari al-hadits.

Sudah menjadi konsesus seluruh umat Islam, tidak terkecuali Syiah, bahwa hadis merupakan sumber ajaran agama kedua setelah Al-Quran.**


(SUMBER: Merajut Ukhuwah, Memahami Syiah karya Muhammad Babul Ulum ; penerbit Marja, 2008. Buku ini telah disahkan Dirjen Pendidikan Agama Islam sebagai buku bacaan agama Islam)

Tue, 8 Oct 2019 @15:57

Copyright © 2021 Misykat · All Rights Reserved