AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Imam Al-Baqir, Zaidiyah, dan Rafidhah

image

Tanggal 1 Rajab adalah hari kelahiran Imam Muhammad Al-Baqir. Beliau adalah Imam dari garis Ahlulbait yang kini dikenal mazhab Syiah Imamiyah. Al-Baqir adalah putra dari Imam Ali Zainal Abidin putra Cucu Rasulullah saw: Al-Husain bin Ali.

Al-Baqir menjadi Imam berdasarkan nash (dalil). Bukan atas dasar pemilihan atau rasa suka umat terhadap tokoh masyarakat. Karena itu, posisi Al-Baqir lebih terjamin dari sisi agama Islam ketimbang para pemimpin lainnya.

Saudara dari Al-Baqir (yang satu ayah) adalah Zaid bin Imam Ali Zainal Abidin yang dikenal sebagai Imam Syiah Zaidiyah. Zaid diakui sebagai imam oleh pengikutnya. Beliau beserta pengikutnya memberontak pada penguasa sebagai upaya membalaskan kematian dari kakeknya, Al-Husain, yang wafat dibunuh secara keji oleh penguasa Bani Umayyah.

Konon, para pengikut Zaidiyah ini ada yang menentang fatwa Zaid bin Ali untuk menghentikan caci maki kepada Abu Bakar, Umar bin Khatab, Utsman bin Affan, dan sahabat lainnya. Karena tidak menuruti sehingga Zaid bin Ali menyebut mereka sebagai rafidhah: yang memberontak atau menentang.

Kaum rafidhah ini bisa disebut Syiah Zaidiyah yang membangkang. Sama halnya dengan Khawarij yang merupakan Syiah Ali yang membangkang kepada Imam Ali bin Abi Thalib ra kemudian memisahkan diri dan menjadi kelompok tersendiri.

Tentu yang demikian tidak bisa lagi dihubungkan dengan asal usulnya karena sudah berdiri sendiri dan terpisah menjadi mazhab baru. Tidak bisa disebut lagi Syiah. Khawarij dan Rafidhah adalah mazhab tersendiri.

Karena itu, upaya orang-orang yang sekarang ini gencar menyatakan bahwa Syiah Imamiyah (yang dikenal sebagai Mazhab Ahlulbait) disebut Rafidhah sangat tidak berdasar. Itu hanya fitnah yang tidak memiliki dalil.

Ketahuilah bahwa upaya menyudutkan mazhab Ahlulbait dengan tuduhan keji dan kecaman terhadap para ulamanya akan semakin membuktikan bahwa kaum pembenci adalah sama dengan kaum Khawarij dan  kaum Rafidhah. (as)


Sun, 18 Mar 2018 @17:31

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved