CERAMAH DAN KAJIAN ISLAM

TATA CARA WUDHU

TATA CARA SHALAT

TATA CARA TAYAMUM

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK: Komunitas Misykat

BAHAN BACAAN

Pemerintah Resmi Tetapkan ISIS Sebagai Paham Terlarang

image

Pemerintah secara resmi menetapkan ideologi kelompok radikal yang menamakan Negara Islam di Irak dan Suriah (NIIS) atau Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) sebagai paham terlarang di Indonesia.

Menko Polhukam Djoko Suyanto menyatakan, ISIS yang bermetamoforsis menjadi Islamic State (IS) atau Negara Islam di Indonesia, tidak sesuai dengan ideologi Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan asas Bhinneka Tunggal Ika.

“ISIS bukan masalah agama. Organisasi ini adalah masalah ideologi yang kalau kita kaitkan dengan negara kita, ISIS tidak sama dan bertentangan dengan ideologi Pancasila, keberadaan NKRI, dan Kebhinekaan kita,” tegas Djoko usai rapat terbatas bidang Polhukam di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/8).

Rapat yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dihadiri Wapres Boediono dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II. Salah satu agenda pembahasan dalam rapat yang berlangsung sekitar dua jam itu adalah terkait paham IS dan ISIS.

Dia mengatakan, pemerintah meminta seluruh elemen bangsa berpartisipasi aktif untuk mencegah masuknya paham ISIS. Pemerintah, lanjutnya, akan bertindak tegas untuk mencegah berdirinya perwakilan dan pengembangan paham IS dan ISIS di Indonesia.

Disebutkan, Kementerian Politik Hukum dan Keamanan telah berkoordinasi dengan Kementerian Agama, Kementerian Luar Negeri, Kepolisian RI, dan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk melakukan langkah-langkah pencegahan.

“Setiap upaya pengembangbiakan paham ISIS dan IS ini harus dicegah. Indonesia tidak boleh menjadi tempat persemayaman paham ISIS atau pun IS. Kita harus menghormati negara kita, Negara Kesatuan Republik Indonesia, negara yang menganut asas Kebhinekaan suku, agama, ras dan golongan. Kita bukan negara Islam ,” kata Djoko.

Lebih lanjut dikatakan, Presiden telah menginstruksikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin untuk menjalin kerja sama sinergis dengan jajaran ulama, tokoh agama, dan tokoh masyarakat untuk melakukan upaya penyadaran kepada masyarakat, khususnya menyangkut pengaruh negatif paham ISIS maupun IS.

“Menteri Agama segera menggelar pertemuan sosialisasi dan pencerahan dengan seluruh tokoh agama dan tokoh masyarakat. Secepatnya dilaksanakan,” kata Djoko.

Sumber: Berita Satu

 

Tue, 5 Aug 2014 @08:22

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved