Rubrik
Terbaru
PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed
AUDIO MISYKAT

TATA CARA WUDHU

TATA CARA SHALAT

TATA CARA TAYAMUM

FACEBOOK & WHATSAPP

Fanpage Komunitas Misykat

WhatsApp Group: Kajian Islam

BERBAGI BUKU

Silakan tulis nama, alamat, dan WhatsApp pada KONTAK

BAHAN BACAAN

Prof Mulyadhi Kartanegara: Tiga Jalan Menuju Tuhan (1)

image

Ada setidaknya tiga jalan yang manusia bisa tempuh untuk mengenal Allah: melalui indera, akal, dan hati. Mari kita perinci satu per satu:

Jalan indera

Bagaimana mengenal Allah lewat indera? Caranya adalah dengan memperhatikan (bukan hanya melihat sepintas) alam sekitar kita. Istilah yang digunakan untuk memperhatikan adalah yanzhur (ينظر), misalnya افلا ينظرون الى الا بل كيف خلقت, واللى السماء كيف رفعت وال ى الجبال كيف نصبت ...

Dengan memperhatikan alam sekitar dengan saksama hewan, langit, gunung dan bumi, maka indera kita akan memberikan berbagai informasi yang menakjubkan dari apa yang indera teliti. Misalnya melalui alat seperti mikroskop, elektroskop dan lain sebagainya, indera kita bisa mengetahui fakta yang luar biasa tentang susunan atom.

Setiap atom ada intinya dan setiap inti atom dikelilingi sebuah atau lebih elektron. Kadang inti atom dikelilingi banyak elektron (tergantung pada atomic number yang dimiliki), seperti matahari yang dikelilingi oleh banyak planet elektron yang berkecepatan 1200 km/detik tanpa ada tabrakan, karena mereka memiliki orbitnya sendiri-sendiri dalam ruang yang begitu kecil.

Selain ke dunia mikro, indera juga bisa mengetahui dengan bantuan teleskop susunan makrokosmik alam semesta yang begitu menakjubkan dengan keluasan yang tak tergambarkan. Bayangkan saja bumi yang terhampar luas ini hanyalah partikel kecil dibandingkan dengan benda langit lainnya. Misalnya dikatakan bahwa matahari kita adalah 900.000 kali besarnya bumi. Sedangkan matahari ini hanyalah satu di antara 300 milyaran bintang yang terdapat pada galaksi bima sakti.

Pada gilirannya bima sakti itu sendiri adalah anggota kecil saja dari super galaksi yang tak terkirakan besarnya sehingga disebut dengan istilah yang berasal dari hawaii laniakea (yang artinya langit tanpa batas). Sedangkan pada gilirannya leniakea hanyalah satu di antara ratusan superkluster yang sejauh dapat diidentifikasi manusia.

Selain itu, indera juga bisa mengetahui beberapa fakta yang sangat menakjubkan pada tubuh kita sendiri yang terdiri dari beberapa sistem yang bekerja dengan sangat saksama dan harmonis, di antaranya sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem saraf dan otak, sistem penginderaan, dan lainnya.

Kalau mau diuraikan satu persatu bisa menghasilkan puluhan karya yang bermutu. Dan tentunya masih banyak lagi yang indera dapat deteksi dari benda-benda yang ada di sekelilingnya. Bagaimana akal dapat membawa kita lebih dekat kepada sang Pencipta, nantikan tayangan berikutnya. (bersambung)

Prof Mulyadhi Kartanegara adalah pakar filsafat Islam


Fri, 12 Sep 2014 @20:52

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved