AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Imam Ali Al-Hadi dan Pengukir Batu

image

Yunus An-Naqasi, seorang pengukir batu firuz, datang ke rumah Imam Ali Al-Hadi as. Dalam keadaan gemetar ketakutan, ia berkata kepada beliau, “Wahai tuanku, seseorang dari istana telah datang kepadaku dengan membawa sepotong batu Firuz yang sangat berharga sekali. Ia memintaku untuk mengukirnya. Namun, ketika aku sedang melakukannya, batu tersebut terbelah jadi dua, padahal besok siang aku harus mengembalikannya. Bila dia tahu akan hal itu, pasti dia akan marah padaku.”

Imam as menenangkannya dan berkata, “Jangan kuatir! Tidak akan ada keburukan yang akan menimpamu. Bahkan, dengan izin Allah Swt engkau akan mendapatkan kebaikan darinya.”

Pada hari berikutnya, ajudan khalifah Al-Mutawakkil (salah satu dari penguasa Dinasti Abbasiyah) datang dan berkata, “Sungguh aku telah mengubah pandanganku. Kalau sekiranya kamu bisa memotongnya menjadi dua, aku akan menambah upahmu!”

Pengukir tersebut berpura-pura berpikir padahal hatinya sangat bergembira. Kemudian berkata, “Baiklah, akan aku coba pesananmu itu!”

Setelah diperlihatkan, pengawal khalifah berterima kasih pada pengukir tersebut. Setelah beres urusan, pengukir itu bergegas menemui Imam Ali as untuk menyampaikan rasa terima kasih.

Imam Ali Al-Hadi as berkata kepadanya, “Sungguh aku telah berdoa kepada Allah; semoga Dia memperlihatkan kebaikan khalifah kepadamu dan melindungimu dari kejahatannya.”

Imam Ali Al-Hadi as

Siapakah Imam Ali Al-Hadi as yang berkenan telah membantu orang lepas dari kesulitan dan ketakutan?

Imam Ali Al-Hadi as dilahirkan pada 15 Dzulhijjah 212 Hijriah di Madinah Al-Munawwarah.  Orang-orang memanggilnya dengan julukan Al-Murtadha, Al-Hadi, An-Naqi, Al-’Alim, Al-Faqih, Al-Mu’taman, At-Thayyib, dan yang paling mashur adalah Al-Hadi dan An-Naqi.

Imam Ali Al-Hadi as adalah keturunan Rasulullah saw dari garis Sayyidah Fathimah dan Imam Ali bin Abu Thalib karamallahu wajhah. Silslahnya: Imam Ali Al-Hadi bin Imam Muhammad Al-Jawad bin Imam Ali Ar-Ridha bin Imam Musa Kazhim bin Imam Jafar Ash-Shadiq bin Imam Muhammad Al-Baqir bin Imam Ali Zainal Abidin bin Imam Husain bin Imam Ali bin Abi Thalib dan Sayyidah Fathimah binti Rasulullah saw.   

(redaksi@misykat.net)


Tue, 14 Mar 2017 @12:05

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved