Rubrik
Terbaru
Media Kajian

Fanpage Facebook MISYKAT

YouTube Channel Misykat TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Arbain Imam Husain: Hari Ziarah Umat Islam

image

Hari ke-40 wafat Imam Husain bin Ali bin Abi Thalib as merupakan hari ziarah bagi umat Islam pengikut mazhab Ahlulbait (Syiah). Setiap tanggal 20 Shafar, Kaum Muslimin Syiah memadati kawasan pemakaman Imam Husain dan melafalkan doa-doa. Jumlah orang yang hadir di Karbala, Irak, mengalahkan jumlah orang yang berhaji ke Makkah dan perayaan agama lainnya. 

Kaum Muslimin Syiah, bahkan Sunni, juga melakukan ziarah ke Karbala dengan berangkat beberapa hari sebelum hari ke-40. Mereka berjalan kaki menuju makam Imam Husain dan sepanjang jalan ada orang-orang yang menyediakan makanan khusus para peziarah. Bahkan kaum Muslimin dari Indonesia juga melakukan ziarah ke Karbala yang terlihat dari bendera yang dikibarkan saat bergerak menuju makam Imam Husain.

Di sebuah tayangan youtube diperlihatkan kaum Kristen pun ikut serta mengunjugi makam Imam Husain as pada hari ke-40 sejak wafatnya pada 10 Muharram atas perlakuan keji Bani Umayyah.

Di berbagai negeri yang dihuni umat Islam, khususnya pengikut Ahlulbait biasanya diadakan acara Arbain Imam Husain as. Di Indonesia juga sering digelar oleh kalangan pecinta Rasulullah saw. Ormas Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI) dan Ahlulbait Indonesia (ABI) yang menggelar acara Arbain Imam Husain as.

Dalam penyelenggaraannya tidak beda dengan Asyura: ada pembacaan narasi sejarah Imam Husain, nasyid duka cita, dan doa ziarah.

Hari ke-40 diperingati sekadar bentuk mengingatkan kembali atas nasib Ahlulbait Rasulullah saw yang ditimpa kekejaman oleh Bani Umayyah. Semua orang yang normal sepakat bahwa pembunuh cucu Nabi Muhammad saw termasuk penjahat dan pantas dapat azab dari Allah Swt. Termasuk orang-orang yang berada dibalik pembunuhan terhadap Imam Husain as pun pantas ditimpakan azab yang lebih berat.

Dalam situs Islam Quest disebutkan bahwa yang kali pertama melakukan ziarah kepada Imam Husain as pada hari ke-40 adalah Jabir bin Abdullah Anshari disertai ‘Athiyyah Aufi.

Sayid Ibnu Thawus menukil: Tatkala para wanita dan anak-anak Imam Husain As kembali dari Syam (Suriah) dan tiba di Irak, mereka berkata kepada pemandu jalan: Bawalah kami melewati Karbala. Tatkala sampai pada tempat kesyahidan Imam Husain As dan para penolongnya, mereka melihat Jabir bin Abdullah Anshari disertai sekelompok orang dari Bani Hasyim dan seseorang dari keluarga Rasulullah Saw datang untuk berziarah kepada Imam Husain As.

Mereka datang pada saat yang bersamaan dan masing-masing mulai menangis dan bersedih. Mereka memukul kepala dan mukanya. Mereka mendirikan majelis duka yang sangat memilukan hati. Para wanita di tempat itu juga bergabung dengan mereka dan secara umum mereka berduka selama beberapa hari.” (Bihâr al-Anwâr al-Jâmi’ah Lidurar Akhbâr al-Aimmah al-Athâr , jilid 45, halaman 146).


(Ikhwan Mustafa)

 

Sat, 13 Dec 2014 @07:56

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved