Minat beli buku klik covernya
image

 

AUDIO KAJIAN ISLAM

KATALOG Kajian Islam
image

.

TATA CARA SHALAT

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

Kaum Syiah Ada di Zaman Rasulullah saw

image

Banyak orang yang menyatakan bahwa Muslim Syiah lahir setelah wafat Rasulullah saw. Juga ada yang berpendapat setelah Perang Shiffin selepas tahkim antara Muawiyah bin Abu Sufyan dengan 'Ali bin Abu Thalib ra. Ternyata ulama Ahlus Sunnah bernama Jalaluddin as-Suyuthi dalam kitab Tafsir Al-Durr al-Mantsur menyebutkan Syiah telah ada pada zaman Rasulullah saw.

As-Suyuthi meriwayatkan dari Ibnu ‘Asakir dari Jabir bin Abdullah: Kami sedang bersama Nabi Muhammad Saw. Tidak lama kemudian 'Ali bin Abu Thalib ra datang. Lalu Nabi Saw bersabda: “Demi yang jiwaku berada di genggam-Nya, sesungguhnya ini ('Ali bin Abu Thalib ra) dan Syiahnya benar-benar orang yang menang di hari kiamat.”

As-Suyûthi juga meriwayatkan dari Ibn Abbas yang berkata: “Ketika turun ayat, Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, mereka itulah sebaik-baik manusia (Qs Albayyinah: 7). Rasulullah Saw berkata kepada 'Ali, “Mereka adalah engkau dan Syiahmu.

Berdasarkan riwayat tersebut, maka kaum Muslim Syiah telah ada saat Rasulullah saw hidup dan istilah Syiah ini merujuk kepada kaum Muslim yang mendukung Imam Ali bin Abu Thalib ra. Tentang ini, silahkan dikaji kembali secara ilmiah pada kitab Tafsir Al-Durr al-Mantsur.

Meski demikian, tidak dipungkiri ada kajian historis tentang Syiah 'Ali yang memegang teguh ketaatan saat peristiwa Tahkim. Dari Syiah 'Ali juga muncul kaum Khawarij yang menyatakan diri berpisah dari kelompok Ali bin Abu Thalib dan Khawarij ini tidak termasuk kelompok yang mendukung Muawiyah bin Abu Sufyan. Karena itu, setelah kekuasaan Ali bin Abu Thalib ra berakhir maka umat Islam terbagi dalam tiga: Syiah Ali, pendukung Muawiyah, dan kaum Khawarij.

Bagaimana dengan Syiah dari setelah 'Ali bin Abu Thalib ra sampai zaman sekarang? Nah, ini silahkan membaca buku-buku. Banyak sekali buku yang terkait dengan ini. Misalnya buku Maalim Madrasatayn karya Allamah Murtadha Askari. Silahkan unduh pada pustaka pdf. Baca juga kajian kritis pada karya oknum MUI dengan judul (klik) Buku Panduan MUI, Mengenal dan Mewaspadai Penyimpangan Syiah di Indonesia. 

Kalau sudah baca, lanjut diskusi dengan kaum Muslim Syiah dari ormas ABI dan IJABI, biar makin mantap memahaminya. *** (abu misykat)


Tue, 8 Sep 2020 @14:18

Copyright © 2020 Misykat · All Rights Reserved