Rubrik
Terbaru
Kirim Artikel & Pertanyaan

ke email: abumisykat@gmail.com

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

RSS Feed
Minat beli buku klik covernya
image

 

AUDIO KAJIAN ISLAM

Instagram MisykatNet
image

.

Follow Twitter Misykat
image

Silahkan ikuti Twitter Misykat

YouTube Misykat TV
image

Subscribe Channel Misykat TV

TATA CARA SHALAT

PENGUNJUNG

Flag Counter

Muslim Syiah itu Pecinta Ilmu

image

Salam wa rahmah. Sebelumnya kami minta maaf karena belum meminta izin untuk dituliskan. Namun, kami melihat ada pelajaran yang berharga sehingga kami tuliskan di sini dengan tetap kami jaga kerahasiaan orangnya. Ini berkaitan dengan pertemuan dengan seorang pembeli buku.

Tadi pagi kami ngobrol dengan pembeli buku Misteri Wasiat Nabi buah pena Kang Jalal (Dr.KH. Jalaluddin Rakhmat, M.Sc) yang diterbitkan Misykat. Dia merasa senang dengan terbitnya buku tersebut dan terus memantau perkembangan Kang Jalal sejak dari munculnya desas desus Syiah hingga terakhir ujian doktoral di UIN  Alauddin Makassar.

Bapak yang berpenampilan sederhana dan berbicara dengan nada tenang, mengatakan bahwa buku Kang Jalal ini sebuah karya ilmiah yang mempunyai lika liku panjang dan memiliki kriteria ilmiah. Seharusnya, orang-orang yang merongrong Kang Jalal membuat karya ilmiah setingkat doktoral berupa bantahan. Sayangnya, mereka hanya mampu menyebar informasi murahan dan fitnah ketimbang membuat karya akademik setingkat doktoral. Semua yang dilakukan oleh orang yang benci Kang Jalal terlihat tidak memiliki ilmu dan hanya mengedepankan keberanian bicara dalam media. Tidak berani melakukan tabayun dan dialog dengan orang-orang yang dianggap para tokoh Syiah. Seharusnya kalau mereka merasa benar dalam paham agama yang dianutnya, segera buktikan dengan kajian ilmiah.

Pembeli buku menceritakan bahwa dahulu seorang mahasiswa Kang Jalal di salah satu perguruan tinggi di Bandung. Merasa tercerahkan dengan buku-buku yang ditulis Kang Jalal. Mulai dari buku daras yang dipakai dalam kepentingan kuliah hingga soal-soal keislaman.

Kepada kami, beliau menyatakan dirinya mengenal Syiah dari bacaan buku kecil tentang Karbala. Dari buku itu mengetahui ada kejadian tragis yang menimpa keluarga Rasulullah saw yang dilakukan oleh putra sahabat dan orang-orang yang mengaku beragama Islam. Kemudian membaca lagi buku-buku tentang Syiah, khususnya buku Mazhab Pecinta Keluarga Nabi. Dari buku ini mendapatkan ilmu agama Islam yang berkaitan dengan Syiah. Menjadi terbuka dengan beragam mazhab dan pemahaman agama.

Dia juga sangat menyayangkan perilaku amoral dan tidak etis dari kaum takfiri yang benci Syiah. Mereka dengan perilaku berupa fitnah-fitnah yang tidak benar telah menunjukkan betapa tidak berilmunya mereka. Betapa tidak memiliki etika dalam kehidupan dan kurang mendalam dalam perilaku beragama.

Kemudian Bapak itu bercerita tentang buku-buku yang sudah dibacanya tentang Syiah. Saya tersenyum karena setiap orang-orang yang cinta Rasulullah saw dan mengikuti Keluarga Nabi, hampir semua, yang pernah kami temui menyatakan senang baca buku. Dan, sudah diketahui umum bahwa buku sumber ilmu pengetahuan. Orang yang baca buku akan memiliki pengetahuan yang banyak daripada mereka yang sekadar dengar.

Dan beberapa orang, khususnya pengikut Syiah, adalah para pembaca buku dan senang dengan ilmu. Kami pernah datang kepada seorang jamaah pengajian Kang Jalal dan orang-orang yang ketahui sebagai pengikut Syiah, ternyata di rumahnya memiliki perpustakaan kecil dengan buku-buku agama yang bertemakan fiqih, hadis, sejarah, akidah, tasawuf, serta buku-buku hadis terjemahan Bukhari dan Muslim.

Kami tidak tahu: apakah dari kalangan takfiri yang benci dengan mazhab Syiah memiliki kecintaan terhadap ilmu? Tampaknya kami harus melihatnya lebih dekat. Semoga itu bisa kami lakukan dan ini menjadi riset kami. Semoga ada yang berkenan berbagi informasi.

(Redaksi Misykat)

 

 

Thu, 14 May 2015 @19:49

Copyright © 2021 Misykat · All Rights Reserved