BERBAGI BUKU

TULIS nama, alamat & HP/WhatsApp pada KONTAK

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

Twitter Kata Hikmah 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Bertanyalah, Niscaya Dapat Pengetahuan!

image

Bertanyalah, niscaya akan dapat pengetahuan! Entah slogan atau sekadar motivasi. Kalimat demikian biasanya muncul dari orang-orang yang bergelut dalam kajian filsafat. Ada seseorang yang berkata bahwa orang yang tidak bertanya, atau tidak merespons adalah termasuk orang sombong. Karena itu, segera respons terhadap segala hal dengan cara yang baik dan kalimat yang baik. Sesuatu yang benar jika dilakukan tidak benar, hasilnya tidak akan baik.

Sebagai latihan bertanya, yang terkait dengan agama Islam, bisa dimulai dengan mengajukan soal-soal berikut ini.

Pertama: mengapa agama Islam menjadi pilihan? Mengapa Allah menetapkan Islam sebagai agama sempurna?

Kedua: apa keunggulan agama Islam dibandingkan dengan agama lainnya? Apa kriteria untuk mengukur sebuah ajaran agama itu benar? Adakah ukuran kebenaran yang bisa diterima oleh semua umat beragama?

Ketiga: mengapa yang dipilih sebagai Nabi adalah laki-laki dan mengapa tidak ada Nabi dari jenis perempuan? Mengapa Muhammad bin Abdullah dipilih sebagai Nabi akhir zaman? Mengapa Nabi Muhammad saw ketika di Madinah dan Makkah tidak menyatakan batil dan sesat pada ajaran agama-agama seperti Kristen/Nasrani dan Yahudi?

Keempat: siapa yang menjaga ajaran agama Islam dari distorsi/penyimpangan setelah Rasulullah saw wafat? Apakah ulama bisa dijamin dalam “kebenaran” agama Islam”sehingga setiap orang Islam harus belajar kepadanya dan berguru? Apa kriteria kemurniaan ajaran agama Islam?

Kelima: apakah Islam yang diwujudkan Rasulullah saw ketika di Makkah dan Madinah dahulu lebih baik dari sekarang? Apakah keislaman seorang yang beragama Islam yang hidup zaman sekarang ini tidak lebih baik dari orang Islam dahulu zaman Rasulullah saw? Apa kriteria untuk mengukurnya?

Demikian pertanyaan yang mungkin bisa disebut contoh. Buatlah pertanyaan lain untuk diajukan pada orang-orang yang berilmu. Bisa ditanyakan pada Ustadz, Kiai, Ulama, Dosen, atau orang yang dianggap hebat dalam agama Islam. Jika sudah terjawab, silakan ajukan pertanyaan lain dan pikirkanlah soal-soal lainnya. Selamat bertanya!

[Redaksi Misykat]

 


Wed, 19 Aug 2015 @20:19


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved