Rubrik
Terbaru
Media Kajian

Fanpage Facebook MISYKAT

YouTube Channel Misykat TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Hadis tentang Imam Mahdi Lebih Banyak dari Hadis Shalat

image

Keyakinan tentang adanya sosok yang menjadi juru selamat adalah keyakinan yang ada pada hampir seluruh agama dan keyakinan. Dalam studi Filsafat Agama keyakinan ini disebut Messianisme.

Dalam Filsafat Agama ada banyak teori tentang konsep ini, mulai dari yang sinis menyatakan bahwa konsep ini muncul dari rasa ketidakberdayaan atau juga Idealisme agama dalam janji keselamatan.

Islam sendiri mengistilahkannya dengan Imam Mahdi. Istilah ini muncul dari hadis-hadis Nabi Muhammad Saw dan bukan istilah Quran. Di kalangan umat Islam sendiri terpolarisasi pada beberapa pandangan.

Pertama, tidak percaya akan Imam Mahdi. Kedua, tidak peduli karena itu produk akhir zaman. Ketiga, meyakini adanya Imam Mahdi bahwa Imam Mahdi bukan sosok, tetapi sistem. Keempat, adanya Imam Mahdi tetapi belum lahir. Kelima, adanya Imam Mahdi dan sudah lahir, tetapi dalam keadaan ghaib.

Saya pribadi berusaha menghitung hadis tentang Imam Mahdi, baik menurut Syiah maupun Sunni. Saya menemukan jumlah hadis yang mencengangkan. Jika dihitung ternyata jumlahnya 7.414 hadis jauh lebih banyak dari hadis yang berbicara tentang shalat yang berkisar 2.355 hadis.

Menariknya dengan jumlah hadis sebanyak itu, konsep Imam Mahdi hanya hidup pada sekolompok umat Islam saja.

(Catatan Ust Kholid Al-Walid)

Sat, 21 May 2016 @06:35

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved