Minat beli buku klik covernya
image

 

AUDIO KAJIAN ISLAM

KATALOG Kajian Islam
image

.

TATA CARA SHALAT

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

Syiah di Negeri Wahabi [by Dr Kholid Al-Walid]

image

Sejak Revolusi darah yang dilancarkan Muhammad bin Abd Wahab dengan dukungan dana dan kekuatan penuh berubahlah Hijaz menjadi Kerajaan Saudi Arabia. Ibn Saud menetapkan nama keluarganya sebagai nama negeri tersebut.

Aliran keagamaan yang digunakan resmi tidak lain adalah aliran yang digagas oleh Muhammad bin Abd Wahab yang kemudian dikenal sebagai Wahabi. Sebuah aliran puritanisme skripturalis baru yang menentang semua aliran dan mazhab Islam lainnya karena menganggap aliran dan mazhab Islam lainnya tidak lagi murni berpegang pada Al-Qur'an dan Al-Sunnah. Karena itu, idiom yang paling utama diserukan aliran ini adalah 'Kembali pada al-Qur'an dan al-Sunnah'.

Apakah Wahabi masuk kategori Ahlussunnah wal Jamaah? Menurut saya: Tidak. Mengingat doktrin-doktrin yang berseberangan, bahkan memberangus dasar pemikiran Akidah Asyariyyah dan penolakan taklid terhadap salah satu di antara 4 Imam Fikih Ahlussunnah (Hanafi, Hambali, Malikid dan Syafii). Bahkan, hampir tidak ada ruang yang diberikan bagi kelompok-kelompok mazhab fikih tersebut untuk mengembangkan diri seperti sebelumnya.

Bagaimana dengan Syiah? Syiah dianggap sebagai musuh utama. Di samping perbedaan yang sangat mendasar dalam doktrin akidah dan fikih, serta besarnya ruang rasionalitas yang dominan. Juga semangat perlawanan Huseini yang selalu hidup di dada orang Syiah membuat kelompok ini adalah kelompok yang sulit ditundukkan.

Para pengikut Syiah sejak abad-abad awal Islam sudah hidup di Hijaz (sekarang: Arab Saudi), mereka umumnya menjadi bagian penduduk Hijaz yang tak terpisahkan. Saat ini populasi pemeluk Syiah di Arab Saudi mencapai 15-20% dari total penduduk Arab Saudi. 

Sekali pun Syiah Itsna Atsariyyah yang mayoritas, tapi ada juga pengikut Syiah Ismailiyyah yang umumnya di Jizan dan Syiah Zaidiyyah pada wilayah perbatasan Yaman. 

Penganut Syiah berada di wilayah-wilayah strategis, baik itu di Madinah (terutama di Awwaliyyah) hampir satu kecamatan penuh. Qathif (satu propinsi yang seluruh penduduknya Syiah), Ahsa, dan Dammam. Tiga wilayah yang saya sebut terakhir adalah wilayah pesisir yang kaya akan minyak.

Para penganut Syiah di Arab Saudi hampir tidak merasakan kenikmatan hasil minyak yang berlimpah tersebut. Bahkan, mereka mendapatkan pengucilan dalam banyak aspek, politik, sosial dan ekonomi. Fasilitas infrastruktur kadang sengaja tidak disediakan pemerintah.

Tahun 1996, saya mengunjungi Awaliyyah di Madinah. Sopir taksi hanya mengantarkan saya sampai ujung aspal, setelahnya jalan tanah dan itulah tanda wilayah Awwaliyyah. Jika wilayah sekitarnya berlimpah air, mereka masih mengandalkan sumur.

Beberapa diskusi saya dengan penganut Syiah di sana mereka menyatakan bahwa mereka tidak dapat bekerja formal mengingat mereka dikenali Syiah dari nama keluarga yang mereka sandang. Mereka sangat kesulitan dan, bahkan diperkenalkan wilayah mereka sebagai wilayah 'Kaum Munafikkin'.

Buku-buku yang ditulis oleh ulama-ulama Syiah dilarang di Arab Saudi sehingga sangat sulit bagi mereka untuk mengakses referensi-referensi utama mereka kecuali sekarang setelah akses internet yang tidak dapat dibendung. Bahkan, sekadar untuk menyelenggarakan peringatan-peringatan hari-hari besar di kalangan Syiah, mereka tidak mendapatkan izin. Mereka diawasi super ketat, apalagi keluar masuknya orang asing ke wilayah tersebut.

Hak-hak mereka sangat dibatasi sehingga mereka cenderung melakukan aktivitas secara tertutup, baik itu peringatan maulid, asyura, doa kumail, bahkan pendidikan fikih bagi anak-anak mereka. Keadaan inilah yang diperjuangkan oleh orang-orang seperti Syaikh Nimr Baqir Nimr maupun Syaikh al-Amiri. Mereka menyeuarakan hak-hak dasar mereka sebagai warga negara Arab Saudi. Sayangnya, suara mereka dibungkam dengan pedang, tapi darah mereka akan terus menggelorakan perjuangan bagi mereka yang tertindas. ***

(Dr Kholid Al-Walid/WhatsApp Group Misykat/06-01-2016)


Fri, 18 Sep 2020 @13:46

Copyright © 2020 Misykat · All Rights Reserved