Rubrik
Terbaru
PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed
AUDIO MISYKAT

TATA CARA WUDHU

TATA CARA SHALAT

TATA CARA TAYAMUM

MEDSOS ISLAM

WhatsApp: 0812-2391-4000

Fanpage: Komunitas Misykat

Twitter: Sekolah Islam Ilmiah

BERBAGI BUKU ISLAM

MISYKAT akan memberikan buku-buku ISLAM secara gratis. Silakan tulis nama, alamat lengkap, dan WhatsApp (aktif) pada KONTAK

BAHAN BACAAN

Catatan Kholid Al-Walid: Gambarmu Pada Daya Ingatmu

image

Jiwa mengendalikan beragam daya yang luar biasa banyak pada diri kita. Di antara daya yang bekerja luar biasa adalah daya ingat (القوه الحافظه). Daya ini bekerja dengan menjaga segala hal yang terserap pada diri kita, baik melalui indra jasmaniah maupun indra batiniah. Daya ini menyimpan apa pun yang pernah kita saksikan, kita dengar, kita rasa, kita kecap dan kita sentuh.

Demikian juga goresan ide, rasa derita dan bahagia, bahkan khayalan kita. Jika bisa kita katakan ia adalah arsip yang paling lengkap tentang diri kita. Daya ini tidak pernah berhenti bekerja sekali pun kita dalam keadaan tidak sadar atau tidur. Ia merekam apa pun dan menyimpannya serta menghadirkannya kembali ketika kita perlukan.

Kalau Anda ingin mudah belajar rekam asja seluruh pembicaraan dosen Anda, putarlah ketika Anda tidur dan kemudian putar ulang ketika Anda terjaga maka Anda akan sangat cepat memahami dan mengingatnya. Tanpa saat yang sama jika informasi yang ada serap dan khayalan yang Anda imajinasikan adalah sampah maka seluruhnya tersimpan dan memenuhi daya ingat Anda dan menjadi penghalang bagi hal-hal baik untuk masuk ke dalamnya. Ketika seseorang manusia meninggal dunia maka seluruh apa yang ada pada daya ingat akan terpaparkan tanpa pengecualian. Karena itulah gambaran diri kita. Hati-hati menyerap segala sesuatu.

[dikirim oleh Kholid Al-Walid dalam WhatsApp Group Misykat, 9-3-2016]

Sat, 13 Jan 2018 @21:07

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved