AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Barangsiapa Mengenal Dirinya maka Ia akan Mengenal Tuhannya

image

Man ‘arafa nafsahu faqod ‘arafa robbahu. Barangsiapa mengenal dirinya maka ia akan mengenal Tuhannya. Demikian sabda Junjungan Kita Yang Mulia Rasulullah SAWW. Kita akan mencoba mengenali karakter dasar dari diri kita. Salah satu karakter dasar dari diri kita adalah kefakiran.

 

Bahwa diri seseorang, maupun semua miliknya, mungkin  lenyap sesaat setelah ini. Sebuah roti kecil yang menyumbat jalan pernafasan bisa melenyapkan jiwa. Sebuah kompor kecil yang meledak bisa menghancurkan seluruh harta-benda maupun keluarga. Sebuah tabrakan maut dengan mudah melenyapkan jiwa-jiwa. Apakah benar manusia bisa memiliki sesuatu? Sedangkan dirinya sendiri pun tidak ia miliki? Apakah benar orang terkaya memiliki harta terbanyak? Dan apakah benar orang ‘alim memiliki ‘ilmu terbanyak? Sedangkan gerak jantungnya sendiri pun tidak ia miliki?

 

Maka jelas bahwa antum al-fuqoroo` ila alloohi., kamu semua fakir terhadap Allah. Kita semua senantiasa dalam keadaan sangat butuh pada limpahan wujud dari Allah, Sumber dari Segala Wujud. Dan sesungguhnya Allah Maha Kaya atas sekalian alam, Innallooha ghoniyyun ‘ani al-‘aalamiina. Sungguh, Allah adalah Sumber dari Segala Wujud yang tidak membutuhkan apa pun selain diriNya Sendiri.

 

Bayangkan bila diri kita terapung-apung di sebatang kayu kecil di samudera luas, maka saat itu apakah yang akan kita bayangkan? Satu kefakitan, ketakberdayaan total, kelemahan total diri, dan satu ketergantungan total ke Satu Fokus Yang Maha Kokoh. Saksikanlah demikian jelas dan terang dalam hati! Allohu ash-shomad. Sungguh Engkau-lah tempat bergantung segala sesuatu!

 

Maka, mari kita kenali Allah Yang Maha Pengasih lagi Penyayang, melalui pengenalan pada diri kita sendiri, yang fakir dan papa ; yang selalu membutuhkan Limpahan Kasih dan SayangNya pada setiap nafas dan detak jantung.

 

Kembali pada sabda junjungan kita, Man ‘arafa nafsahu faqod ‘arafa robbahu. Barangsiapa mengenal dirinya maka ia akan mengenal Tuhannya.

 

Ilahi, karuniakan pada kami kesempurnaan keterputusan pada selainMu
Dan cahayailah hati kami dengan pandangan kepadaMu
Hingga robeklah hijab cahaya
Dan sampailah kami ruh kami bergelantungan pada Keagungan KesucianMu
(kutipan terjemah bebas bagian dari Munajat Sya’baniyyah)

 

Wa maa taufiiqii illa billah, ‘alaihi tawakkaltu, wa ilaihi uniib.... Shalawat!

 

(Dikirim oleh Dimitri Mahayana, dalam Whatsapp Group Misykat)


Mon, 21 Mar 2016 @12:50

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved