AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Anak-Anak Butuh Lebih Banyak Empati [by KH Jalaluddin Rakhmat]

image

Anak-anak yang sukses ternyata adalah anak yang menerima lebih banyak empati. Apa sebenarnya yang diperlukan oleh anak-anak agar mereka bisa sukses hidupnya?

Jawabannya adalah EMPATI. Mereka tidak (terlalu) membutuhkan gelar atau kelulusan sarjana. Anak yang sukses adalah yang mereka yang bisa berinovasi, bekerjasama dan memecahkan masalah secara bersama-sama.

Selain itu, anak yang peduli pada orang-orang di sekitarnya adalah anak-anak yang hidupnya bahagia. Mengapa?Karena mereka sanggup menyebar empati pada sekelilingnya.

Anak-anak, jadilah kalian seperti pohon mangga di pinggir jalan. Dilempar orang dengan batu tetapi dibalasnya dengan buah yang ranum. Kehidupan buah mangga adalah menyediakan buahnya pada setiap orang apapun golongan dan mazhabnya. Dan kelak pohon mangga yang sudah tua dan tidak berbuah lagi, masih akan bisa menyiapkan kayunya untuk keperluan orang meski dengan itu pohon mangga harus ditebang dan di gergaji.

Sekolah yang baik adalah sekolah yang mengajarkan Spirituality, Compassion (kasih sayang) and Mercy. Sekolah yang mengajarkan Cinta. Yakni cinta yang jatuhnya tidak bisa diduga, bagaikan tetesan lembut hujan yang jatuh dimana saja, tetapi jatuhnya memberkati dua kali, yaitu bagi yang memberikannya dan kepada yang menerimanya (Kutipan dari Shakespeare).

Modal paling besar agar anak kita sukses adalah menanamkan cinta dan kepedulian kepada orang lain. Sayangnya, pendidikan besar ini mulai digantikan oleh gadget. Pesan saya, jangan biarkan bencana gadget menghilangkan empati dari anak-anak kita. Teriring doa semoga anak-anak kita senantiasa berada dalam kasih sayang Tuhan. Semoga Tuhan menganugerahkan kepada mereka pengetahuan dan digabungkan bersama orang-orang shaleh. Semoga mereka mampu memberikan manfaat bagi sekelilingnya dan Tuhan menjadikan mereka pewaris-pewaris surga.

Selamat Jalan Anak-anakku, maafkan saya jika saya kurang cukup berterimakasih kepada orangtua kalian yang telah mempercayakan dan menitipkan kalian pada Sekolah Cerdas Muthahhari.

Beterbanganlah kalian lepas bebas seperti burung di angkasa, terbang jauh mengelilingi angkasa. Namun, suatu saat nanti, kalian kelak akan kembali pulang ke rumah.[]

(KH Jalaluddin Rakhmat, 4 Juni 2016)


Wed, 28 Jun 2017 @06:17

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved