Minat beli buku klik covernya
image

 

AUDIO KAJIAN ISLAM

KATALOG Kajian Islam
image

.

TATA CARA SHALAT

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

Lima Pilar untuk Ijabiyyun

image

Penjelasan singkat tentang Lima Pilar IJABI (Ikatan Jamaah Ahlulbait Indonesia) yang ditulis oleh Ustadz Muhammad Ashar (Dewan Penasehat IJABI Sulawesi Selatan).

Pada usia enam belas tahun, IJABI mentransformasikan diri sebagai lembaga yang memiliki sifat keindonesiaan yang sangat kuat. Lima Pilar yang menjadi ideologi IJABI mencerminkan kultur dan perilaku keberagamaan yang khas. Kelima pilar, yakni: Islam rasional-spiritual, Non-sektarianisme (Dahulukan Akhlak Di atas Fiqh), Pembelaan terhadap Mustadhafin, Islam Pluralis, dan Islam Madani adalah perwujudan pemikiran tokoh sentral IJABI: KH. Dr. Jalaluddin Rakhmat, MSc.

Kelima pilar merupakan satu kesatuan tidak terpisahkan yang seharusnya diinternalisasikan oleh para kader dalam menjalankan aktivitasnya. Lima Pilar mencerminkan watak dan perilaku keberagamaan yang berpusat pada upaya mewujudkan sistem yang adil dan fungsional dan mengabaikan gagasan formalisme agama dalam kekuasaan politik. 

Memusatkan perhatian pada fungsi negara dan bukan bentuknya. Bersama seluruh anak bangsa bahu membahu mendukung pemerintah yang sah dengan syarat pemerintah tersebut menjalankan kekuasaannya dengan adil, yang ujungnya adalah kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia (pilar Islam madani)

Keislaman harus ditampilkan melalui jalur pengkhidmatan tanpa sekat. Meluaskan kebaikan dan kasih sayang bagi semua (pilar pembelaan pada mustadhafin). 

Menyisihkan identitas demi menegakkan persatuan Islam (pilar non sektarianisme). 

Menampilkan keberislaman yang rasional dan memacu diri untuk mencapai tahap perkembangan spritualitas yang berciri irfani (pilar Islam rasional-spritualis). 

Meneguhkan persaudaraan antar mazhab dan iman. Memposisikan diri pada prinsip keselamatan eskatologis yang meluas dan tak disekati dengan bentuk keimanan (pilar Islam pluralis). 

Lima Pilar IJABI tersebut memiliki akar dalam Al-Quran dan Hadis. Kelima pilar memposisikan gerakan IJABI sebagai sebuah gerakan yang jauh dari watak gerakan transnasional. Gerakan IJABI memiliki sistem nilai yang tidak bertentangan dengan Pancasila. Malah menguatkannya. Seluruh Ijabiyyun hendaknya menyatukan langkah dan menjadikan Lima Pilar IJABI ini sebagai sistem nilai yang memandu kita semua.[]

(Dikirim oleh Syamsuddin Baharuddin, Ketua Umum PP IJABI. redaksi Misykat melakukan penyuntingan seperlunya untuk  penyesuaian bahasa/gaya selingkung). Tahun diposting tahun 2016.


Wed, 1 Jul 2020 @15:02

Copyright © 2020 Misykat · All Rights Reserved