Rubrik
Terbaru
MEDSOS Misykat

Fanpage Facebook  MISYKAT

YouTube Channel  MISYKAT TV 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed
AUDIO KAJIAN ISLAM

Informasi MISYKAT

Redaksi www.misykat.net menerima artikel/opini/resensi buku. Kirim via e-mail: abumisykat@gmail.com

TATA CARA SHALAT

Buku Islam terbaru
image

 

BAHAN BACAAN

Milad KH Jalaluddin Rakhmat: Nasib Pengikut Ahlulbait

image

Pada hari Ahad (28/8/2016) di Aula Muthahhari Bandung merupakan hari suka cita. Pasalnya, guru kami Ustadz Jalal (Dr KH Jalaluddin Rakhmat) merayakan ulang tahun ke 70 dalam perhitungan hijriah dan ke 68 tahun dalam hitungan Masehi.

Dalam acara itu, hadir masing-masing perwakilan dari sekolah-sekolah Muthahhari dan jamaah pengajian Masjid Al-Munawwarah serta beberapa murid Ustadz Jalal dari luar Jawa Barat turut datang.

Diawali dengan pembacaan al-Quran surah al-Insan secara bersama dan disambung dengan persembahan lagu-lagu untuk Ustadz Jalal.

Ustadz Miftah, yang juga putra Ustadz Jalal, selaku pemandu acara mempersembahkan puisi yang dibacakan sebelum Ustadz Jalal menyampaikan sambutan.

Ustadz Jalal menyampaikan renungan dari masa Rasulullah saw hingga masa kehidupan sahabat Imam Ali bin Abi as yang dizalimi orang-orang yang benci kepada Ahlulbait. Renungan tentang kesabaran menjadi pengikut Rasulullah saw beserta Ahlulbait as bahwa harus mengorbankan jiwa dan raga. Nasib pengikut Ahlulbait sepanjang sejarah berada dalam hinaan, cacian, dan diburu bagai binatang. Berbagai kecaman menerpa pengikut Ahlulbait di berbagai dunia, termasuk di Indonesia.

Dalam hal ini, Ustadz Jalal sebagai tokoh Islam mazhab Syiah kerap mengalami hujatan dan serangan di media online beserta pengajian-pengajian di masjid-masjid yang menyebutkan tentang sosoknya yang secara negatif. Tentu semua informasi negatif layak dipertanyakan alasannya. Mengapa sampai tega menyebut yang tidak ada pada sosok Ustadz Jalal? 

Bagi Ustadz Jalal yang terpenting bagaimana sikap baik yang dikedepankan dalam menghadapi gelombang badai dari kaum pembenci tersebut. Dengan adanya mereka yang benci, justru menjadi tahu kualitas diri dan mengetahui siapa lawan atau kawan dalam perjuangan.

Selesai pembacaan narasi renungan perjuangan pengikut Ahlulbait as sepanjang sejarah, acara ditutup dengan doa dan makan naasi tumpeng bersama. Bersamaan dengan berakhirnya perayaan Milad Ustadz Jalal, diresmikan pula Perpustakaan Jalaluddin Rakhmat yang berlokasi di lantai dua Aula Muthahhari Bandung.

Selamat ulang tahun Ustadz Jalal. Semoga sehat wal aafiyah, sehat lahir dan batin. Terus berjuang untuk kebangsaan, agama Islam dan tetap berada dalam jalur kecintaan kepada Rasulullah saw beserta Ahlulbaitnya. Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa Ali Muhammad.

(Ikhwan Mustafa, kontributor Misykat)

Tue, 30 Aug 2016 @21:12

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved