AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Jangan Sampai Tidak Berqurban Sama Sekali

image

Bagaimana hukum qurban yang dilakukan di sekolah-sekolah yang sebagian uangnya merupakan iuran dari murid?

Rasulullah saw pernah berqurban untuk seluruh umatnya. Ada sebuah hadis dari Jabir: Aku shalat Idul Adha bersama Rasulullah saw. Setelah selesai, diambil seekor kambing. Beliau menyembelihnya dan bersabda: Bismillah, Allahu Akbar. Ini qurbanku dan qurban yang tidak dapat berqurban dari umatku (HR Ahmad, Abu Dawud, dan At-Turmudzi).

Berapa umat Rasulullah saw itu? Banyak sekali. Oleh karena itu, satu kelas boleh berqurban satu domba melalui iuran yang mereka kumpulkan. Idealnya, yang paling utama adalah berqurban satu domba untuk satu orang, satu sapi untuk tujuh orang. Itu yang paling utama. Sedangkan yang utama adalah berqurban bersama-sama. Qurban satu domba untuk sekian banyak orang. Berqurban seperti itu boleh. Yang jelek itu yang tidak berqurban sepeser pun. Ibnu Abbas setiap datang musim qurban selalu menyuruh maula (pembantu)-nya, pergi ke pasar untuk membeli daging. Kemudian Ibnu Abbas menyuruh membagikan daging itu. Bilal, katanya, menyembelih ayam kalau tidak ada domba yang bisa dia qurbankan.

Jadi, artinya, kalau mengikuti kata Rasulullah saw adalah lakukanlah sunnahku ini semampu yang dapat kamu lakukan. Khusus tentang qurban ini mengingatkan lagi Anda pada kaidah ushul fiqih: maalaa yudraku kulluh la yutraku kulluh (apa yang tidak bisa dicapai seluruhnya jangan ditinggalkan seluruhnya). Kalau kita tidak bisa berqurban seekor sapi jangan sampai tidak berqurban sama sekali.

[Jalaluddin RakhmatMenjawab Soal-soal Islam Kontemporer. Bandung: Mizan, 1999. Halaman 91-92]

Mon, 12 Sep 2016 @09:29

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved