Rubrik
Terbaru
BERBAGI BUKU

TULIS nama, alamat & HP/WhatsApp pada KONTAK

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

Twitter Kata Hikmah 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Sayid Fadhlullah: Haram Melukai Tubuh

Salah satu persoalan yang kerap dituduhkan kepada kaum Muslim Syiah terkait dengan asyura adalah menyakiti tubuh saat asyura. Orang-orang yang anti dengan mazhab syiah kemudian menyebut tathbir (menyakiti tubuh dengan benda tajam hingga berdarah) sebagai ritual syiah. Padahal, itu hanya perilaku ekstrem dari segelintir orang yang mengaku Syiah. 

Perilaku ekstrem tersebut ada pula di kalangan kaum Nasrani (Kristen) saat peringatan paskah. Di kalangan sufi terdapat aliran malamatiyah yang menunjukkan perilaku yang dianggap tidak benar dalam agama, tetapi itu untuk sembunyikan kesalehan di mata orang lain. Di Banten, Indonesia, ada budaya debus yang memamerkan kehebatannya: tidak mempan ditusuk benda tajam, tidak terluka saat disabet dengan golok, dan mampu memakan pecahan kaca. Yang mereka lakukan itu tidak ada hubungannya dengan Ahlulbait. Bisa dikatakan bahwa itu perilaku ekstrem pada suatu masyarakat.

Memang di kalangan Syiah pun ada, tetapi tidak banyak dan sudah banyak teguran ulama dalam bentuk fatwa. Bahkan di kalangan ulama Syiah sendiri saat peringatan asyura tidak melakukan tathbir.

Sekadar berbagi bahwa Sayid Fadhlullah menyatakan bahwa tathbir diharamkan. Secara syariat diharamkan melukai diri sendiri ataupun orang lain. Dalam mazhab Ahlulbait as (Syiah) bersedih dan meratapi kesedihan adalah hal biasa. Namun, tidak diperbolehkan melakukan duka cita dengan melukai tubuh sendiri atau orang lain (tathbir).  

Berkut ini fatwa dari Ayatullah Udzma Sayid Muhamad Husein Fadhlullah (allahu yarham) tentang tathbir (diambil dari telegram Bayynat): التّطبير محرّم؛ لما يسبّبه من الأضرار الّتي يحرم ارتكابها شرعاً بحقّ النّفس أو الغير؛ ولما يستلزمه من الإساءة إلى مذهب أهل البيت(ع) والتّوهين به، ولا يجوز التّشجيع عليه. 

(Ikhwan Mustafa, kontributor Misykat)

Sat, 8 Oct 2016 @18:46

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved