Rubrik
Terbaru
PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed
AUDIO MISYKAT

TATA CARA WUDHU

TATA CARA SHALAT

TATA CARA TAYAMUM

FACEBOOK & WHATSAPP

Fanpage Komunitas Misykat

WhatsApp Group: Kajian Islam

BERBAGI BUKU

Bagi yang ingin buku bacaan ISLAM silakan tulis nama, alamat, dan nomor WhatsApp pada KONTAK

BAHAN BACAAN

Maulid Nabi Besar Nabi Muhammad Saw [by Teddy Setiadi]

image

      RABIUL AWWAL adalah bulan penanggalan Islam , dan pada bulan itulah telah terlahir sosok insan mulia, yang menjadi seorang pemimpin yang besar bagi umat manusia serta mendapat julukan "rahmatan lil 'alamin".
       Insan yang terlahir itu, bernama  Muhammad. Tepatnya ia lahir pada tanggal 12 Rabiul awwal tahun 571 Masehi.

       Muhammad adalah insan fenomenal dalam sejarah kehidupan dan peradaban manusia karena kenabian dan kerasulannya. Walaupun dia seorang manusia biasa, namun dia memiliki kesempurnaan dan keistimewaan yang diberikan Allah SWT secara langsung kepadanya.

      Muhammad, yang sangat dimuliakan oleh Allah Ta'ala , memiliki beberapa nama, antara lain:
- Muhammad itu sendiri.
- Ahmad
- al-Maahi
- al-Aqib , dan
- al-Hasyir.

       Nama Muhammad, berasal dari kata dasar _hamd_ , yang artinya pujian atau terpuji.
       Beliau berhak mendapat pujian, karena dalam segala tingkah lakunya selalu melakukan perbuatan-perbuatan yang mulia dan agung, sehingga beliau berhak mendapat pujian dari umatnya.

       Beliau juga memiliki nama Ahmad yang artinya paling terpuji, karena paling banyak memuji Allah. Beliaulah yang paling banyak memuji Allah diantara umatnya, sehingga Allah pun memerintahkan kepada umat manusia untuk bershalawat kepada Muhammad SAW.

      Dengan banyaknya  bershalawat kepadanya, maka kelak di akhirat nanti orang yang banyak mengucapkan shalawat kepada beliau, maka akan memperoleh syafa'at darinya.

       Nama yang ketiga, adalah al- Maahi - yang artinya menghapus .
Dengam nama itulah, maka Allah akan menghapus kekafiran.

       Setiap nabi yang diutus oleh Allah untuk mengajak umatnya beriman,  diantara mereka ada yang beriman, namun setelah beberapa lama mereka kembali lagi menyembah selain Allah.
      Begitulah yang terjadi pada setiap nabi, mulai dari Nuh, Ibrahim, Daud, dan seterusnya, hingga pada akhirnya Allah mengutus Nabi Muhammad Saw.
Dan Rasul Muhammad pun lalu menghapus kekafiran dan menghapus penyembahan kepada berhala.

      Nama yang keempat, adalah al-Aqib. Ini berarti terakhir. Artinya Nabi Muhammad adalah nabi yang terakhir dan tidak ada nabi yang lain setelah nabi Muhammad Saw.

     Yang kelima, Muhammad juga dijuluki sebagai al-Hasyir. Artinya yang mengumpulkan.
       Manusia di akhirat nanti akan dikumpulkan untuk mempertanggung- jawabkan semua perbuatannya yang dilakukan selama di dunia, dan Nabi Muhammad akan berdiri paling depan di depan pintu surga untuk memberi syafa'at dan menggandeng tangan bagi orang-orang yang berhak masuk surga.

      Saudaraku..... marilah kita sejenak merenung, bahwa kita sangat membutuhkan Rasulullah Saw agar bisa menyelamatkan kita dari berbagai kegelisahan yang terjadi pada saat kita dikumpulkan di alam mahsyar nanti.

     Saudaraku.... nama Muhammad begitu gemilang ketika namanya disebut dan didengar, dan telah ditulis dengan tinta cahaya di hati orang-orang mukmin.

      Kemuliaan selalu mengiringinya karena beliau memiliki akhlak yang mulia, tabiat yang suci dan semua perbuatannya selalu terpuji. Pendapat-pendapatnya selalu brillian, bicaranya berkualitas, kata-katanya menembus jauh ke lubuk hati dan jiwa manusia. Pribadi yang luhur dan penuh dengan keteladanan, sehingga dirinya begitu dekat di hati para pengikutnya serta keadilan pun senantiasa selalu terwujud.

        Muhammad seorang pemimpin yang selalu mengajak manusia kepada kebajikan dan menjauhi kemungkaran, dan selalu memberi petunjuk kepada kebenaran. Beliau berhati lembut dan penuh kasih sayang serta senantiasa memberikan kemudahan dalam persoalan kehidupan umatnya.

     Dengan sifat-sifat yang agung insani dan akhlak yang mulia inilah beliau juga memiliki sifat penyabar dan pemaaf, sehingga membuat para musuh dan orang-orang yang membencinya menjadi terjesan dan luluh terhadapnya.

      Banyak kisah selama hidupnya bahwa orang-orang yang sebelumnya sangat membenci dan memusuhinya , namun dengan akhlak yang mulianya itu, maka akhirnya banyak yang memeluk agama islam.

      Adapun mukjizat yang paling agung yang telah Allah anugerahkan kepada rasul Muhammad Saw , yaitu menjadikannya Muhammad sebagai *"rahmatan lil 'aalamin"*.
       Muhammad menjadi rahmat seluruh alam semesta karena beliau adalah sosok manusia yang paling dekat dengan Allah SWT.
       Muhammad adalah seorang nabi serta rasul , dan sekaligus memiliki kalamullah kitab "Al-Quràn yang Allah wahyukan kepadanya.

      Melalui kitab inilah beliau memiliki cahaya dan petunjuk serta ilmu yang bermanfaat .

     Semoga dengan ilmu dan keteladanan beliau, kita sebagai umat yang mengikuti ajarannya, mendapat ridho dari Allah SWT untuk mencintainya.[]

Thu, 23 Nov 2017 @20:06

Copyright © 2017 Misykat · All Rights Reserved