AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Diskusi Islam Indonesia: Islam atau Islamisme?

image

Lembaga Pembinaan Ilmu-ilmu Islam (LPII) bekerjasama dengan Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, pada Kamis, 22 Desember 2016, menggelar Diskusi Islam Indonesia: Islam atau Islamisme? 

Dalam kegiatan yang bertempat di ruang seminar Perpustakaan UIN Bandung ini, hadir sebagai narasumber adalah Dr KH Jalaluddin Rakhmat, Dr Bambang Qamaruzzaman Anees, dan Dr Ija Suntana. 

Dalam diskusi, Ustadz Jalal memaparkan Islam dan Islamisme yang merujuk pada buku Islam dan Islamisme karya Bassam Tibi.

Menurutnya, Islam didasarkan atas pemahaman atas teks-teks agama. Sedangkan Islamisme adalah pemahaman agama yang dipolitikan, atau yang diberi warna politik.

Sementara Bambang membahas Islam Indonesia bahwa yang dikenalkan di masyarakat adalah Islam dengan label politik. Ada kesultananan, daulah, dan gerakan politik. Bahkan, di awal pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah muncul gerakan islamisme yang menginginkan undang-undang didasarkan dengan syariat agama Islam.

Berbeda dengan Ija Suntana yang menyebut Islamisme sebagai sikap anti Barat atau upaya kritis atas pemikiran dan sikap orang-orang Barat atas umat Islam. Gerakan Islamisme bagian dari pemahaman orang Islam atas ajarannya. Bahkan Rasulullah saw sendiri membuat keputusan politik yang didasari dengan agama Islam hingga terbentuk sahifah madinah.

Menariknya, pasal-pasal yang terdapat dalam sahifah madinah itu bersifat lokal. Rasulullah saw merumuskan aturan sosial kemasyarakatan di Madinah mempertimbangkan unsur lokalitas. Karena itu, umat Islam di mana pun berada bisa mengembangkan gerakan dan pemahaman Islam dengan tetap mengacu pada ajaran Islam dan mempertimbangkan konteks lokal. 

Diskusi yang dihadiri sekira 120 orang ini berakhir pada jam 12.30 dan berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan. Insya Allah, acara diskusi Islam akan dibuat sebagai program kajian Islam yang membahas buku-buku dan desertasi yang terkait dengan Islam Indonesia.

(LPII Bandung)

 

Wed, 28 Dec 2016 @20:19

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved