AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Taqiyah dalam Kitab Sunni

image

Taqiyah ternyata bukan hanya dilakukan dan menjadi praktik kaum Muslim Syiah. Juga ada dalam ajaran Muslim Sunni yang tercantum dalam karya ulama Sunni.

Setelah melakukan penelusuran, kami menemukan riwayat mengenai taqiyah dalam kitab Mushannaf Ibn Abi Syaibah, jilid 11, halaman 359, kitab Al-Sirr, bab ke-85, berikut:

Riwayat no. 33590.

 حدثنا وكيع عن إسرائيل عن عبد الأعلى عن ابن الحنفية قال: سمعته يقول: لا إيمان لمن لا تقية له

Telah menceritakan kepada kami Waki' dari Israil dari 'Abdul A'la dari Ibn Al-Hanafiyah yang berkata: Aku mendengarnya berkata: "Tidak ada iman bagi orang yang tidak bertaqiyah".

Riwayat no. 33593

حدثنا وكيع عن فضيل بن مرزوق عن الحسن بن الحسن قال إنما التقية رخصة...

Telah menceritakan kepada kami Waki' dari Fudhail bin Marzuq dari Al-Hasan bin Al-Hasan yang berkata: "Sesungguhnya taqiyah merupakan rukhsah (keringanan yang diperbolehkan)..."

Pelajaran penting

Sebagian pihak mencela Syi'ah karena konsep taqiyah. Di antara mereka, ada yang salah paham mengenai taqiyah. Misalnya menyamakan taqiyah dengan topeng kemunafikan, menilai taqiyah sebagai penipuan untuk membangun opini, dan ada pula yang menganggap taqiyah sebagai kedustaan atas nama Allah Ta'ala dan Rasul-Nya.

Kesalahpahaman seperti itu dikarenakan jarang tabayyun (secara hikmah). Mereka tidak memahami bahwa tujuan taqiyah adalah menjaga kemashlahatan, bahkan dalam kondisi tertentu, tujuannya adalah menjaga persatuan Muslimin. Selain itu, tidak memahami adanya ketentuan-ketentuan hukumnya berdasarkan kondisi.

Nah, semakin mereka mencela Syi'ah karena taqiyah, maka itu sama saja mereka semakin mencela riwayat-riwayat taqiyah dalam kitab Sunni.


Referensi

Abi Bakr 'Abd Allah bin Muhammad bin Ibrahim Ibn Abi Syaibah, Al-Mushannaf, tahqiq: Muhammad bin 'Abd Allah Al-Jum'ah dan Muhammad bin Ibrahim Al-Lahidani, cet. 1, jilid 11 (Riyadh: Maktabah Al-Rusyd, 1425 H/2004 M), hlm. 359.

[Muhammad Bhagas, pengkaji mazhab Syiah dan Sunni]

Fri, 6 Jan 2017 @13:38

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved