Rubrik
Terbaru
Kirim Artikel & Pertanyaan

ke email: abumisykat@gmail.com

Pustaka (Buku PDF Gratis)
image

 

RSS Feed
Minat beli buku klik covernya
image

Minat BUKU hubungi WA Misykat

AUDIO KAJIAN ISLAM

Instagram MisykatNet
image

.

Follow Twitter Misykat
image

Silahkan ikuti Twitter Misykat

YouTube Misykat TV
image

Subscribe Channel Misykat TV

TATA CARA SHALAT

PENGUNJUNG

Flag Counter

Memaafkan Solusi dari Stress [by Mulyadhi Kartanegara]

image

Agama memberikan solusi terbaik untuk mengatasi stress. Contohnya kemarahan. Kemarahan adalah penyakit hati yang sangat besar pengaruhnya terhadap stress. Kalau dibandingkan dengan tubuh, maka kemarahan ibarat beras satu kwintal yang kita taruh di atas pundak kita. Kalau berhari-hari kita pikul, tanpa dilepas sesaat pun maka kita akan merasakan beban yang sangat menekan tubuh kita.

Demikian juga marah yang kita pendam dalam jiwa akan memberikan beban mental yang sangat berat dan bisa menimbulkan stress yang akut kalau tidak kita lepas. Itulah sebabnya agama melarang kita untuk marah lebih dari tiga hari, karena stress jiwa yang ditimbulkannya.

Selain melarang, agama kita juga memberi solusi untuk menghilangkan kemarahan yang berbahaya itu dengan cara memaafkan; karena Allah sendiri Maha Pemaaf.

Memaafkan sebagaimana dianjurkan agama merupakan mekanisme terbaik dan terindah untuk memerangi rasa marah dan mencegah kita untuk mendendam (marah yang dipendam dalam waktu lama). Dengan begitu, memaafkan akan dapat mereduksi stress yang ditimbulkannya.

Hanya ajakan syetan yang mencegah kita untuk memaafkan karena kalau kita memaafkan, sehingga tidak marah lagi, syetan akan mengalami kesullitan untuk menggoda dan mengontrol seseorang.

Orang marah sangat disukai syetan karena ia akan mudah mempengaruhinya untuk melakukan kejahatan, bahkan dosa besar. Na'audzubillah min dzalik!***

(Mulyadhi Kartanegara)

Sun, 13 Dec 2020 @18:25

Copyright © 2021 Misykat · All Rights Reserved