AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Hadis tentang Makan Sahur

image

Semua tentu sudah tahu tentang amalan-amalan sunnah yang ditekankan untuk dilakukan selama bulan Ramadhan, termasuk makan sahur sebelum fajar. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya dari sisi riwayat yang menunjukan kesunnahan perbuatan tersebut dari referensi Syiah. 

Riwayat Pertama 

١ - علي بن إبراهيم، عن أبيه، عن حماد بن عيسى، عن شعيب، عن أبي بصير، عن أبي عبد الله (عليه السلام) قال: سألته عن السحور لمن أراد الصوم أواجب هو عليه؟ فقال: لا بأس بأن لا يتسحر إن شاء وأما في شهر رمضان فإنه أفضل أن يتسحر نحب أن ،لا يترك في شهر رمضان. 

Aku bertanya kepada Abu Abdillah (Imam Shadiq as) tentang makan sahur orang yang akan berpuasa apakah wajib baginya? Dan Imam as menjawab: Tidak masalah jika dia tidak makan sahur jika dia menyukainya, tetapi selama di bulan Ramadhan lebih afdhal baginya melakukan makan sahur. Kami (imam as) menyukainya, maka janganlah dia meninggalkannya di bulan Ramadhan. 

Hadis tersebut tercantum dalam kitab al-Kafi, vol. 4, halaman 94, hadis no.1, Syaikh al-Kulaini. Hadis ini termasuk hasan menurut Allamah al-Majlisi dalam Mir'ah al-Uqul, vol. 16, halaman 259. Juga hadis ini mu'tabar menurut Syaikh Ashif Muhsini dalam Mu'jam al-Ahadits al-Mu'tabarah, vol. 5, halaman 527. Bahkan masuk dalam kategori hadis shahih menurut Syaikh al-Bahbudi dalam Shahih al-Kafi ,vol. 2, halaman 68. 

Riwayat Kedua 

٢ - عدة من أصحابنا، عن أحمد بن محمد، عن الحسين بن سعيد، عن أخيه الحسن، عن زرعة، عن سماعة قال: سألته عن السحور لمن أراد الصوم فقال: *أما في شهر رمضان فإن الفضل في السحور ولو بشربة من ماء* وأما في التطوع فمن أحب أن يتسحر فليفعل ومن لم يفعل فلا بأس.

Aku bertanya padanya (Imam as) tentang sahur bagi orang yang ingin berpuasa, Imam menjawab: selama bulan Ramadhan, adalah lebih baik makan sahur, meski pun hanya dengan minum seteguk air. Dan pada puasa sunnah, jika dia lebih menyukai makan sahur maka lakukanlah, dan jika dia tidak melakukannya maka tidak masalah. 

Hadis tersebut tercantum dalam kitab al-Kafi, vol 4, halaman 94, hadis no.2, Syaikh al-Kulaini. Hadis ini termasuk hasan menurut Allamah al-Majlisi dalam Mir'ah al-Uqul, vol. 16, halaman 260. Hadis ini disebut mu'tabar oleh Syaikh Ashif Muhsini dalam Mu'jam al-Ahadits al-Mu'tabarah, vol. 5, halaman 527. Hadis ini shahih menurut Syaikh al-Bahbudi dalam Shahih al-Kafi, vol. 2, halaman 68. 

(Dikirim oleh Muhammad Kamal, Jakarta)

Sat, 19 May 2018 @10:08

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved