Rubrik
Terbaru
PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed
AUDIO MISYKAT

TATA CARA WUDHU

TATA CARA SHALAT

TATA CARA TAYAMUM

MEDSOS ISLAM

WhatsApp: 0812-2391-4000

Fanpage: Komunitas Misykat

Twitter: Sekolah Islam Ilmiah

BERBAGI BUKU ISLAM

MISYKAT akan memberikan buku-buku ISLAM secara gratis. Silakan tulis nama, alamat lengkap, dan WhatsApp (aktif) pada KONTAK

BAHAN BACAAN

Amalan Malam 23 Ramadhan

image

Saya layak berterima kasih kepada yang telah kirim hadis pada whatsapp saya tentang malam 23 Ramadhan. Hadisnya sebagai berikut:

Abu Yahya Abdullah bin Unais al-Juhanni, seorang pengembala dari suku Juhan menghadap Nabi Muhammad saw dan berkata: Wahai Nabi Allah, aku ingin engkau memerintahkanku agar dalam satu malam Ramadhan aku datang ke Madinah dan memanjatkan doa. Nabi Muhammad saw mengundangnya pada malam 23 Ramadhan. Hadis ini dikutip dari kitab Bihar Al-Anwar, jilid 99, halaman 20; dan Kitab Usud al-Ghabah, jilid 3, halaman 20.

Hadis tersebut dimuat pula dalam footnote buku "Puasa Ramadhan Sebuah Perjalanan Spiritual" karya Mirza Javad Agha Maliki Tabrizi (Penerbit Pustaka Hidayah) halaman 171.

Seingat saya dalam buletin Al-Tanwir Yayasan Muthahhari (pernah) dibahas bahwa pada malam 23 Ramadhan dianjurkan untuk diisi dengan ibadah yang full secara perorangan maupun berjamaah. Ibadah yang dilakukan meliputi:

(1) Setelah shalat Isya, lakukan shalat sunah dua rakaat (lailatul qadar). Rakaat pertama diisi surah fatihah dan surah al-ikhlas tujuh kali. Rakaat kedua pun sama. Selesai salam (terakhir) membaca istighfar tujuh puluh kali: astaghfirullaha wa atubu ilaihi. Ditambah dengan dzikir: Subhanallah walhamdulillah wala ilaaha illallaah wallahu akbar (seratus kali) dan shalawat: Allahumma shali 'ala Muhammad wa aali Muhammad (seratus kali).

(2) Membaca al-Quran surah Al-Ankabut, Ar-Rum, Adh-Dukhan, dan surah al-Qadar (sebanyak yang mampu dilakukan).

(3) Tawasul dengan Al-Quran. Buka mushaf al-Quran letakan pada kepala dan baca doa: Ya Allah aku bermohon kepada-Mu dengan bertawassul pada Kitab-Mu yang diturunkan dan pada apa-apa yang ada di dalamnya. Di dalamnya ada Nama-Mu yang Agung dan asmaul husna, dan apa yang ditakutkan dan diharapkan. Sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad. Dan jadikanlah aku di antara orang yang Kau bebaskan dari api neraka.

(4) Membaca doa jausyan kabir dan doa-doa serta dzikir lainnya.

(5) Berbuat baik dan peduli kaum mustadhafin dan anak yatim piatu maupun fakir miskin. Mungkin dalam bentuk berbagi makanan atau pun lainnya yang dapat membahagiakan mereka.

Tentu aktivitas ibadah lainnya, seperti qiyamulail dan shalawat serta istighfar bisa terus dilakukan.

Yang terpenting mampu meluangkan waktu pada malam 23 Ramadhan dalam aktivitas ibadah dan doa. Meski tidak full semalam suntuk.

Mohon maaf lahir batin. Mohon doakan saya agar senantiasa ada dalam berkah dan diampuni Allah Ta'ala.

(Facebook: Adrikna Mahdi)

Sat, 17 Jun 2017 @11:21

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved