Rubrik
Terbaru
PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed
AUDIO MISYKAT

TATA CARA WUDHU

TATA CARA SHALAT

TATA CARA TAYAMUM

MEDSOS ISLAM

WhatsApp: 0812-2391-4000

Fanpage: Komunitas Misykat

Twitter: Sekolah Islam Ilmiah

BERBAGI BUKU ISLAM

MISYKAT akan memberikan buku-buku ISLAM secara gratis. Silakan tulis nama, alamat lengkap, dan WhatsApp (aktif) pada KONTAK

BAHAN BACAAN

Joko Widodo: Membangun Empati

image

Masihkah anak-anak kita menengok kawannya yang sakit? Mau menengok tetangga yang sakit? Atau ikut kerja bakti di kampung? 

Saya ingin anak-anak Indonesia memiliki karakter yang kuat. Di sekolah, para guru memberikan “pekerjaan rumah” bukan tentang mata pelajaran saja, tapi juga tentang membangun empati dan berbaur dengan lingkungan sekitar.  

Pada pembukaan Rapat Koordinasi Pimpinan Nasional Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Yogyakarta, kemarin, saya mengingatkan para guru Indonesia mengenai tantangan dunia karena adanya perubahan global. Generasi Y (Gen Y) yang saat ini berusia sekitar 15-25 tahun, nantinya akan mendorong perubahan dan menguasai pasar. Mereka sudah tidak hanya membaca koran lagi, tidak hanya menonton televisi lagi. Mereka akan klik tentang apa yang mereka mau baca, di internet, lihat netflix, di mana pun berada hanya dengan telepon genggam atau dengan gawai. 

Perubahan harus segera diantisipasi. Oleh siapa? Ya bapak dan ibu guru di sekolah. Mereka (Gen Y) sekarang ini ada di bawah  bimbingan mereka. Jangan sampai arus perubahan itu mengubah sosial, budaya, karakter anak-anak kita. 

Saya sudah meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengembangkan pendidikan di luar ruang kelas, seperti PR menengok tetangga atau kawan yang sakit atau kerja bakti di kampung tadi.  

Pendidikan adalah upaya untuk menguatkan identitas dan karakter bangsa. Saya berharap para guru bekerja bukan semata-mata hanya untuk menjalankan profesi, tapi juga mengemban tugas profetika. Tugas kenabian dalam menjalankan misi menggali, menjalankan, mengajak peserta didik kepada kebenaran dan kebaikan. 

Sumber: Facebook Presiden Joko Widodo (tanggal 23 Juli  2017)

 

Mon, 24 Jul 2017 @14:09

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved