Rubrik
Terbaru
BERBAGI BUKU

TULIS nama, alamat & HP/WhatsApp pada KONTAK

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

Twitter Kata Hikmah 

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Hukum Olahraga Keras dan Binaraga

image

Soal: Dalam beberapa olahraga yang keras, para atlet sebelumnya tahu bahwa permainan tersebut akan menyebabkan sakit badan yang serius. Apakah atlet yang dengan sengaja melakukan permainan-permainan ini berdosa? 

 

Jawab:

Tidak boleh apabila kerusakannya amat serius sehingga tidak sepadan dengan akibat yang telah diprediksikan. Sedangkan apabila manfaat yang akan diperoleh memiliki nilai yang besar bagi kehidupannya dan apabila lukanya tidak menyebabkan cacat maka dibolehkan. Selain itu, pada fitrahnya manusia tidak setuju pada permainan-pemainan yang menyebabkan cacat. Karena itu, permainan-permainan semacam itu tidak dibolehkan.


Soal: Olahraga binaraga (body-building) bergantung pada pertumbuhan-pertumbuhan otot-otot dan dipamerkan di hadapan orang-orang. Ada pun pembentukan otot itu menurut bentuk yang diinginkan memakan waktu yang panjang. Bagaimanakah pandangan Islam mengenai jenis olah raga ini? 

Jawab:

Jenis olahraga ini dibolehkan karena memiliki konsekuensi positif yang besar dari berbagai sisi. Jenis olahraga tersebut dapat dimanfaatkan dalam jihad dan dapat digunakan untuk mempertahankan diri sendiri, kehormatan seseorang, keuangan seseorang dan lain-lain.

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Soal Jawab Fikih Kontemporer. Cianjur: Titian Cahaya, 2005)

 


Thu, 27 Jul 2017 @18:16

Copyright © 2019 Misykat · All Rights Reserved