Rubrik
Terbaru
Telegram Misykat
image

.

YouTube Misykat TV
image

.

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed
AUDIO KAJIAN ISLAM

TATA CARA SHALAT

Minat beli buku klik covernya
image

 

Flash Disk OTG Kajian Islam
image

.

Facebook Misykat
image

.

BAHAN BACAAN (Buku PDF)
image

 

Hukum-hukum Berkurban

image

 
Soal: Bagaimana hukum-hukum berkurban (di hari Idul Adha)?

 

Jawab :

 1. Disunahkan berkurban (sunah muakadah=sangat dianjurkan) bagi yang mampu, jika ia tidak mendapatkan hewan kurban maka bersedekah seharga hewan tsb. Dan seandainya diluar harga berbeda-beda, maka bersedekah cukup memilih harga yang terendah.

 2. Boleh seorang berkurban untuk dirinya dan keluarganya dengan satu hewan, sebagaimana dibolehkan berkurban secara bersama-sama (kelompok)، terutama disaat harga hewan yang tinggi.

 3. Waktu yang afdhol saat berkurban setelah terbit matahari setelah melaksanakan sholat Id. Sedangkan di Mina waktunya panjang hingga 4 hari selain di Mina, hanya 3 hari. Ikhtiyatnya, paling mulia di Mina selama 3 hari pertama dan di daerah atau negara-negara lain pada hari Idul adha.

 4. Disaratkan hewan kurban dari tiga jenis yaitu, unta, sapi dan kambing. Diharuskan unta yang telah berumur 5 tahun, sapi yang telah berumur 2 tahun dan kambing yang telah berumur 7 bulan.

 5. Tidak disaratkan dalam kurban seperti sifat-sifat yang disaratkan pada kurban yang wajib. Dibolehkan berkurban dengan hewan yang buta atau pincang, putus kupingnya, tanduknya patah, gemuk sebab dikebiri dan kurus. Tapi ikhtiyat nya berkurban dengan hewan yang sehat atau sempurna anggota badannya dan makruh jika hewan gembalannya (ia akan berkurban dengan hewan milikinya  yang sehari-harinya ia selalu gembalakan)

 6. Boleh bagi yang berkurban mengambil 1/3 bagian untuk dirinya atau diberikan untuk keluarganya. Demikian pula, boleh ia membagikan 1/3 miliknya kepada orang yang ia cintai dari muslimin. Diikhtiyatkan, ia bersedekah 1/3 bagian lainnya kepada kaum faqir dari muslimin.

 7. Disunahkan bersedekah dengan kulit hewan kurban dan makruh jika diberikan pada tukang potong. Boleh dijadikan alat tempat sholat dan boleh hasil penjualan dibelikan perabot rumah.

 8. Berkurban cukup bagi orang yang belum aqiqah, barang siapa yang ber kurban maka dihukumi ia telah aqiqah.

 SUMBER: http://Telegram.me/Istiftaatsistani

Mon, 14 Aug 2017 @15:14

Copyright © 2020 Misykat · All Rights Reserved