Rubrik
Terbaru
FACEBOOK & WHATSAPP

Fanpage Komunitas Misykat

WhatsApp Group: Kajian Islam

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed
AUDIO MISYKAT

TATA CARA WUDHU

TATA CARA SHALAT

TATA CARA TAYAMUM

BERBAGI BUKU

Bagi yang ingin buku bacaan ISLAM silakan tulis nama, alamat lengkap, dan nomor WhatsApp yang aktif pada KONTAK

BAHAN BACAAN

Saracen: Jaringan Penebar Kebencian

image


Baru saja kita dikejutkan lagi dengan tertangkapnya jaringan terstruktur penebar ujaran kebencian, fitnah, dan hoax di media sosial. Kelompok ini bernama "Saracen". Saya terhenyak dengan nama ini. Sebab, bagi orang-orang yang cukup akrab dengan sejarah peradaban Islam tentu tidak asing dengan istilah Saracen.

Awalnya, istilah "Saracen" digunakan oleh bangsa Yunani dan Romawi untuk menyebut orang-orang Arab. Namun, dalam perkembangannya, khususnya di sekitaran abad pertengahan, istilah Saracen digunakan oleh orang-orang Barat untuk menyebut kaum Muslim Arab. Syed Ameer Ali juga menggunakan istilah tersebut untuk menyebut orang-orang Arab Muslim, dalam buku sejarahnya yang terkenal "A Short History of The Saracens" (1916).

Pada masa Perang Salib (sekitar abad ke-11 sampai ke-13 M), pasukan Kristen Eropa juga menggunakan istilah Saracen untuk menyebut tentara Muslim yang menjadi lawan mereka saat itu. Bahkan, di masa perang atas nama agama tersebut istilah Saracen berkonotasi negatif, karena digunakan sebagai label perendahan terhadap orang-orang Islam secara umum.

Pertanyaannya adalah mengapa kelompok penebar ujaran kebencian, fitnah, dan hoax tersebut menamakan dirinya Saracen?

Apakah mereka ingin menampilkan identitas keislaman, karena menganggap apa yang mereka lakukan itu sebagai "jihad" di medsos, seolah ksatria Perang Salib di masa lalu? Apalagi, bila menilik struktur kepengurusan jaringan Saracen yang memuat nama-nama yang telah dikenal lekat dengan kalangan garis keras.

Dan, apakah terdapat pula "hidden hands" tertentu yang sengaja memanfaatkan kelompok Saracen untuk tujuan ideologis (sekaligus politis), yaitu menampilkan Islam sebagai agama penebar kekerasan, perpecahan, dan kekacauan?

Namun demikian, ada yg mengatakan pula bahwa Saracen diambil dari nama panser yang digunakan pada tahun 1965 untuk menggempur PKI. Sehingga, diduga kuat kelompok ini turut berperan dalam membangkitkan kembali isu PKI.

Wallahu A'lam.
(M. Anis)


Tue, 29 Aug 2017 @11:25

Copyright © 2017 Misykat · All Rights Reserved