Merayakan Masa Taklif

image

Tanya: Akhir-akhir ini tersebar kebiasaan di sekolah-sekolah untuk mengadakan proses inisiasi bagi anak-anak yang baru memasuki masa taklif. Bagaimana Anda memandang fenomena ini? 

Jawab: Perayaan-perayaan yang diadakan sebagian yayasan-yayasan Islam tersebut merupakan hal yang positif dan berguna. Sebab, itu mengajarkan kepada mukallaf (orang yang terkena beban taklif), baik laki-laki maupun perempuan, bahwa pencapaian usia takllif adalah peristiwa besar dan penting dalam hidup mereka, sehingga seorang anak laki-laki akan merasakan bahwa dia telah menjadi seperti kaum pria (dewasa) dan memiliki tanggung jawab. Dan remaja puteri merasakan bahwa dia telah menjadi seperti kaum wanita (dewasa) dan memiliki tanggung jawab seperti tanggung jawab mereka.

Di samping itu, perayaan tersebut mengajarkan bahwa seorang anak mulai menjalin hubungan langsung dengan Allah Swt dengan cara menjalankan tanggung jawab di hadapan-Nya. [] 


Tanya: Kebanyakan proses inisiasi itu diadakan untuk remaja putri. Apakah remaja putri membutuhkan sambutan lebih banyak atas masa taklifnya? 

 Jawab: Kita mengadakan proses inisiasi bagi remaja putra dan putri pada batasan yang sama. Akan tetapi, barangkali kebutuhan remaja putri kepada perayaan-perayaan menyambut taklif tersebut lebih besar. Sebab, masa taklif mereka mendahului masa taklif laki-laki, berdasarkan fatwa terkenal, sehingga anak gadis lebih membutuhkan dorongan semangat untuk memudahkan mereka menerima taklif diusianya yang lebih dini.

Bagi keluarga yang sadar, mereka akan memperhatikan perayaan seperti ini. Juga memberikan hadiah-hadiah kepada anak-anak sebagai bentuk penyambutan atas masa taklif mereka, sebagaimana kebiasaan memberikan hadiah-hadiah pada perayaan lainnya. []

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)


Sat, 9 Sep 2017 @12:51

AUDIO MISYKAT

BAHAN BACAAN
FACEBOOK MISYKAT
BERBAGI BUKU

 Silakan tulis nama, alamat lengkap, dan nomor WhatsApp pada KONTAK

Copyright © 2017 Misykat · All Rights Reserved