AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Sekum PP Muhammadiyah: Muhammadiyah Tidak Pernah Membuat Penyataan Syiah Adalah Aliran dan Paham Sesat

image

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dr. Abdul Mu’ti, saat dikonfirmasi oleh Khittah, Kamis 12 Oktober 2017, mengungkapkan, secara kelembagaan, Muhammadiyah tidak pernah memfatwakan syiah sesat.

“Muhammadiyah tidak pernah membuat pernyataan bahwa Syiah adalah aliran dan paham sesat,” tegas Mu’ti.

Mu’ti menyayangkan apabila ada warga, simpatisan, apalagi pimpinan Muhammadiyah yang terpengaruh atas isu-isu negatif perihal Syiah.

“Terkait dengan paham agama, seharusnya warga dan pimpinan Muhammadiyah mengikuti apa yang digariskan oleh PP Muhammadiyah,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan, pendapat pribadi tidak boleh mengatasnamakan persyarikatan. Perihal klaim individu yang mengatasnamakan organisasi ini sesuai dengan Surat Edaran PP Muhammadiyah Nomor 01/EDR/I.0/B/2017 tentang Konsolidasi Organisasi dalam Menghadapi Dinamika Bangsa.

Dalam surat edaran tersebut, PP Muhammadiyah menegaskan pernyataan resmi organisasi merupakan hasil permusyawaratan yang ditulis dan ditandatangani oleh Pimpinan Persyarikatan, Ortom, dan Amal Usaha sesuai ketentuan yang berlaku.

Poin dua, surat tersebut menegaskan, dalam merespon dan memberikan pernyataan resmi atas isu-isu dan permasalahan strategi yang terkait dengan Persyarikatan, umat, bangsa, serta hal-hal lain yang menyangkut kepentingan utama Persyarikatan hanya dikeluarkan secara kelembagaan (organisasi) oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Poin tiga, Pimpinan Organisasi Otonom dapat memberikan pernyataan sejauh menyangkut bidangnya, tidak menyangkut isu atau hal yang menjadi kebijakan/otoritas Muhammadiyah, serta tidak bertentangan dengan sikap/pandangan/kebijakan Muhammadiyah, dengan mengedepankan hasil musyawarah atau rapat pimpinan sesuai ketentuan yang berlaku pada Ortom tersebut yang ditandatangani oleh Ketua Umum/Ketua dan Sekretaris Umum/Sekretaris.

Keempat, Anggota dan Pimpinan Persyarikatan, Majelis, Lembaga, Amal Usaha, dan Ortom memiliki kebebasan untuk menulis di media massa dengan menyebutkan jabatan disertai keterangan bahwa tulisan tersebut manakala menyangkut pandangan atau sikap yang berkaitan Muhammadiyah sebagai pendapat pribadi, bukan pandangan dan sikap Persyarikatan.

Selanjutnya, Anggota Pimpinan Persyarikatan, Majelis, Lembaga, Amal Usaha, dan Ortom manakala diminta keterangan oleh media massa atau kalangan publik dapat memberikan pandangan atau opini yang sifatnya penguatan atas sikap/pandangan/kebijakan Persyarikatan dan/atau hal-hal yang normatif mengenai Muhammadiyah untuk kepentingan dakwah serta memperkuat misi Muhammadiyah.

Poin enam, PP Muhammadiyah menyebutkan, menyangkut berbagai laman di media sosial yang berkaitan dengan dan/atau menisbahkan diri dengan nama atau institusi Muhammadiyah diharapkan untuk tetap menjaga etika dan ketentuan organisasi yang berlaku dalam Persyarikatan serta dalam memberikan pendapat tidak mengatasnamakan Muhammadiyah.

Terakhir, surat edaran tersebut menerangkan, Pimpinan Pusat Muhammadiyah sejauh menyangkut keterangan tentang pandangan/sikap/kebijakan Persyarikatan baik untuk kalangan internal maupun eksternal telah menugaskan kepada Sekretaris Umum (Dr. H. Abdul Mu’ti, M.Ed) bersama Ketua yang membidangi Majelis Pustaka dan Informasi (Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si) sebagai pengatur informasi dan lalulintas informasi Persyarikatan.[] 

SUMBER http://www.khittah.co/sekum-pp-muhammadiyah-muhammadiyah-tidak-pernah-membuat-penyataan-syiah-adalah-aliran-dan-paham-sesat/8723/

Sun, 15 Oct 2017 @10:52

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved