AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Sayyid Fadhlullah: Pengaruh Etika Seksual dalam Kepribadian Anak

image

Tanya: Ketika mengkaji hadis-hadis Nabi Muhammad saw, kami menemukan beberapa hadis yang berbicara tentang (etika) aktivitas seksual antara laki-laki dan wanita. Apakah Anda meyakini pengaruh hal-hal seperti itu bagi pertumbuhan anak, baik secara kejiwaan maupun fisik?

Jawab: Dalam kajian saya atas hadis-hadis seperti itu, saya menemukan bahwa kebanyakan hadis-hadis tersebut masih membutuhkan pembuktian. Sebagian hadis itu tidak sahih sehingga harus dipahami terlebih dahulu pengaruhnya dalam masalah seksual dan terkadang mengatakan bahwa perbuatan tertentu akan meninggalkan dampak negatif atau positif pada sisi "ini" atau "itu" terhadap kepribadian anak.

Di antara hadis-hadis itu, yaitu hadis yang menjelaskan bahwa seorang bayi akan dilahirkan buta kalua aktivitas seksual dilakukan dengan penuh nafsu. Ini merupakan perkara yang tidak kita temukan buktinya di lapangan. Kita tahu bahwa seringkali hubungan seksual terjadi saat hawa nafsu menggebu dan tetapi tidak mengakibatkan kebutaan pada bayi. []

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)

Mon, 1 Jan 2018 @11:52

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved