Rubrik
Terbaru
PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed
AUDIO MISYKAT

TATA CARA WUDHU

TATA CARA SHALAT

TATA CARA TAYAMUM

FACEBOOK & WHATSAPP

Fanpage Komunitas Misykat

WhatsApp Group: Kajian Islam

BERBAGI BUKU

Silakan tulis nama, alamat, dan WhatsApp pada KONTAK

BAHAN BACAAN

Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah: Mengapa Harus Azan dan Iqamah pada Bayi yang Baru Lahir?

image

Tanya: Terdapat kebiasaan di kalangan kaum muslimin, yaitu mengumandangkan azan di telinga kanan bayi dan iqamah di telinga kirinya. Apa pengaruhnya terhadap kepribadian anak di masa datang? 

Jawab: Barangkali dalam ajaran Islam ini, terkandung doktrin bagi si bayi, apabila dia dapat mendengarnya. Yakni pengumuman tentang dimulainya pertumbuhan islami bagi sang anak. Azan dan iqamah merupakan perwujudan dari makna keagungan Allah, makna kebesaran-Nya, makna keesaan-Nya, dan makna ajaran Rasulullah saw yang merupakan dasar akidah Islam. Azan dan iqamah juga menekankan tentang nilai shalat dan nilai berjalannya seseorang di jalur keberuntungan, juga nilai pembuka jalan menuju sebaik-baik amal perbuatan. Kemudian pemikiran akan keagungan dan keesaan Allah, di akhir azan atau iqamah, diulang kembali. Barangkali, kebiasaan ini adalah pengumuman tentang simbol Islam pada pribadi sang anak. Ketika anak memulai hidupnya, dia bergerak maju dari garis ini.

Barangkali juga, di dalamnya terdapat doktrin bagi keluarga bahwa ketika mereka mengumandangkan azan di salah satu telinga anak dan membacakan iqamah di telinga lainnya, orang tua harus menuntun anak-anak mereka menuju pada pengertian-pengertian yang terkandung dalam azan atau iqamah. Ada pun sehubungan dengan pengaruh kalimat-kalimat suci itu terhadap anak, ini membutuhkan sarana-sarana tertentu untuk mengetahuinya secara tepat dan pasti. Dan ini sangat mungkin diketahui sebagaimana pengetahuan manusia tentang pengaruh musik terhadap janin. []

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)

Fri, 12 Jan 2018 @20:33

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved