AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Sayyid Fadhlullah: Tujuan Pendidikan dalam Islam

image

Tanya: Setiap teori sosial memliki pandangan yang khas berkaitan dengan topik pendidikan dan tujuannya. Apa tujuan pendidikan dalam Islam dan mengapa kita (mesti) mendidik anak-anak?

Jawab: Pendidikan merupakan satu sarana di antara sarana-sarana dalam membangun kepribadian manusia untuk mewujudkan tujuan-tujuan besar manusia dalam lingkar ajaran Islami. Tujuan pendidikan dalam Islam adalah mempersiapkan pribadi muslim dalam mewujudkan semua tujuan-tujuan Islami yang terhampar di hadapan manusia, baik tujuan itu berhubungan dengan Allah Swt, manusia, atau diri sendiri, dengan cara beribadah dan bermakrifah (meraih pengetahuan).

Meskipun manusia diciptakan sebagai makhluk lemah, tetapi dia memiliki potensi untuk meraih kekuatan. Kendati manusia adalah makhluk yang cepat bergerak dan bereaksi, tetapi dia memiliki potensi untuk mencapai tujuannya. Jadi, tujuan pendidikan adalah menanamkan keseimbangan dalam kepribadian manusia dengan berbagai sisinya, baik jasmani, kejiwaan, spiritual, intelektual, dan sosial.

Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan aktivitas manusia yang sesuai dengan tingkat pemikirannya, menanamkan nilai-nilai dan ajaran-ajaran dalam kepribadiannya sehingga dapat mengubah seorang anak memiliki kemampuan dalam mewujudkan nilai-nilai tersebut secara nyata. Ketika seorang anak dididik di atas jalur kejujuran, maka dia akan menjadi manusia yang jujur. Pabila dia dibina di atas sifat amanah, maka dia akan menjadi orang tepercaya dalam menjalankan amanah.
Benar bahwa tujuan pendidikan adalah mengenalkan nilai-nilai mulia dan mewujudkannya dalam diri manusia, serta mengubah teori menjadi praktik nyata. Sehingga manusia mengubah dirinya menjadi perwujudan nilai-nilai luhur sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimilikinya. Barangkali, inilah yang bisa kita pahami dari hadis Nabi Muhammad saw, yang diriwayatkan dari salah seorang istri Beliau, tentang akhlak Rasulullah saw. Istri Nabi saw itu mengatakan, "Akhlak Nabi adalah al-Quran." Ini menjelaskan bahwa Rasulullah saw telah berubah menjadi al-Quran yang bergerak. Jadi, peran pendidikan adalah menanamkan nilai-nilai mulia dalam gerak manusia di alam nyata.[]

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)

 

Mon, 19 Mar 2018 @13:34

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved