AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah: Sikap Kita dengan Peradaban

image

Soal: Anda menyeru untuk memahami spirit abad keduapuluh dan terbuka pada peradaban baru. Berkaitan dengan seruan ini, bagaimana pendapat Anda akan ucapan Nabi berikut ini: Apa-apa yang dihalalkan Muhammad akan tetap halal hingga hari kiamat, dan apa-apa yang diharamkan Muhammad akan tetap haram sampai hari kiamat? 

Jawab: Jelas sekali apa yang beliau nilai halal akan tetap halal sampai hari kiamat dan apa-apa yang beliau nilai terlarang akan terlarang akan dinilai terlarang hingga hari kiamat. Namun, permasalahannya bagaimana menetapkan dan mendiagnosis apa-apa yang halal dan apa-apa yang tidak. Misalnya, proses pembuatan undang-undang berbeda dan berkembang dari seorang ahli fikih yang satu ke ahli fikih yang lainnya sesuai dengan pemahaman mereka pada teks itu sendiri.

Hal lainnya adalah sebagai berikut: segala hal biasanya akan bervariasi apabila gagasan atau peristiwa baru muncul. Tatkala variasi ini terjadi maka akan muncul banyak persoalan baru. Oleh karena itu, perundang-undangan berubah karena perubahan-perubahan pokok bahasan. Untuk jelasnya, kita semua tahu air bukan hanya halal tetapi juga penting. Namun, jika air tersebut menjadi berbahaya bagi kesehatan maka air tersebut segera menjadi haram. Karena itu, saya kira terdapat kelenturan dalam teks yang para ahli fikih bicarakan. Jadi tidak aneh, apabila terdapat perbedaan tertentu antar para ahli fikih (mujtahid).*** 

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Soal Jawab Fikih Kontemporer. Cianjur: Titian Cahaya, 2005)

Sat, 14 Apr 2018 @19:43

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved