MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

PENGUNJUNG

Flag Counter

RSS Feed

Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah: Pendidikan Menurut Pandangan Islam

image

Tanya: Apakah bisa kita pahami bahwa pendidikan menurut pandangan Islam adalah proses untuk menundukkan manusia agar memiliki nilai-nilai mulia?

Jawab: Sesungguhnya tujuan pendidikan adalah manusia itu sendiri, memperbaiki manusia atau menjadikannya beragama serta mampu mengabdi kepada manusia dan kemanusiaan pada waktu bersamaan. Pendapat yang mengatakan bahwa tujuan pendidikan manusia adalah menjadikannya mewujudkan nilai-nilai mulia secara nyata, bukan berarti menjadikan manusia mengabdi pada sesuatu di luar dirinya. Bahkan sebaliknya, itu berarti memberikan kesempatan pada manusia untuk mewujudkan nilai-nilai kemanusiaannya. Ketika saya mengatakan bahwa saya mendidik seseorang dan membiarkannya menemukan jatidirinya melalui pertumbuhan (alaminya); ini berarti bahwa saya tidak membantunya untuk menemukan jatidirinya.

Benar, pendidikan memiliki sisi positif dan sisi negatif, dan mengandungi sedikit unsur pemaksaan yang digunakan oleh pendidik untuk mengarahkan anak kecil sesuai dengan ketetapan-ketetapan tertentu. Hanya saja, kita tidak boleh melupakan pendidikan manusia untuk dirinya sendiri. Sesungguhnya, salah satu tujuan pendidikan adalah mempersiapkan seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungan masyarakatnya dan memindahkan nilai-nilai dari generasi sebelumnya pada generasi berikutnya. Dengan demikian, tidak ada jalan untuk membangun sebuah rujukan tertentu dalam pendidikan anak. Rujukan ini sendiri akan membatasi sejauh mana kebaikan dan keburukan suatu metode pendidikan, baik secara global atau pun terperinci.***

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)


Mon, 16 Apr 2018 @12:05

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved