CERAMAH DAN KAJIAN ISLAM

TATA CARA WUDHU

TATA CARA SHALAT

TATA CARA TAYAMUM

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK: Komunitas Misykat

BAHAN BACAAN

Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah: Pendidikan (Berbasis) Kesadaran

image

Tanya: Anda menggunakan istilah pendidikan (berbasis) kesadaran dalam khutbah-khutbah dan ucapan-ucapan Anda. Apa yang Anda maksud dengannya?

Jawab: Ketika kita berbicara tentang pendidikan (berbasis) kesadaran, maka kita berbicara tentang pendidikan kuat dan berimbang, yang tak membiarkan manusia tertiup oleh angin kencang. Bahkan, menjadikannya kokoh secara mandiri, sehingga takkan terkalahkan oleh faktor genetika dan pengaruh-pengaruh luar.

Kita tak dapat menetapkan sebuah parameter yang jelas bagi kepribadian manusia, sehingga kita mampu mengukur sejauh mana pengaruh genetika dari satu sisi dan pengaruh lingkungan dari sisi lain. Manusia berbeda-beda dalam menanggapi faktor-faktor luar, yang mendorong suatu kepribadian tertentu untuk melangkah menuju arah tertentu atau ke pelbagai arah lain.

Segala sesuatu bisa diukur oleh manusia, kecuali dirinya sendiri. Bisa jadi, di saat-saat tertentu, manusia mengalami guncangan sehingga benih unggul yang telah kita tanam dalam dirinya tercerabut atau layu dan kemudian mati. Benar, pendidikan (berbasis) kesadaran bermula dari pemahaman baru akan kondisi anak; kemudian berusaha menumbuhkan berbagai nilai mulia yang hendak kita tanamkan dalam dirinya. Semua itu bertujuan untuk menghormati kepribadian anak dan menumbuhkan rasa percaya dirinya. ***

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)

Mon, 16 Apr 2018 @12:08

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved