Rubrik
Terbaru
RSS Feed
AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah: Metode Pendidikan Anak

image


Tanya: Pendidikan diterapkan sepanjang masa dan di semua tempat dengan berbagai metode, di antaranya dengan cara kekerasan, cara halus, cara menguasai, dan cara mengekang. Bagaimana sebenarnya metode pendidikan Islam?


Jawab: Sangat sulit untuk menentukan sebuah metode pendidikan. Sebab, prinsip pendidikan adalah memperbaiki sesuatu yang rusak pada diri anak-anak, atau memasukan pemikiran berharga (mulia) dalam fitrahnya, berdasarkan wawasan dan perasaannya. Oleh karena itu, upaya ini membutuhkan semacam metode pengobatan atas suatu penyakit, bahkan terkadang semacam operasi bedah.

Intinya kita akan membiarkannya menjadi sasaran penyakit yang mengancam kepribadian dan kehidupannya, atau kita menyelamatkannya dengan metode pendidikan yang tepat? Jika kita hendak menciptakan manusia sempurna maka kita harus menyikapi segala jenis kekurangan dalam kepribadian anak dengan kelembutan atau ketegasan, sesuai dengan karakternya. Hendaknya seorang pendidik tidak tergesa-gesa menggunakan kekerasan lantaran dia tak sabar dalam berlaku lemah lembut terhadap anak didiknya. Seorang pendidik harus belajar dari pengalaman dan bersabar dalam membangun kepribadian anak sesuai dengan metode pendidikan yang benar. Oleh karena itu, kita katakan bahwa dasar pendidikan adalah tidak adanya kekerasan dan kekasaran. Mungkin saja kita bersikap tegas sebagai bentuk kasih sayang, tetapi bukan ketegasan yang mencerminkan kekerasan hati. Sebab, kita harus bedakan antara ketegasan dan kekerasan. Kekerasan merupakan kondisi kejiwaan yang mendorong seseorang menganiaya orang lain. Ada pun ketegasan merupakan salah satu cara yang digunakan untuk memperbaiki sesuatu yang rusak dalam diri manusia, atau menanamkan nilai-nilai mulia secara mendalam dalam jiwanya. Dengan demikian, sikap tegas membawa keuntungan bagi manusia, sebagaimana operasi bedah yang memulihkan kesehatan.

Apabila kita mengkaji persoalan ini berdasarkan kenyataan, maka kita tidak akan temukan bahwa hidup ini seluruhnya adalah kekerasan atau seluruhnya adalah kelembutan. Namun, kelembutan dan kekerasan masing-masing memiliki tempat-tempat tertentu. Sebenarnya metode pendidikan yang kita pilih adalah metode yang bergerak mengikuti kondisi lahiriah atau batiniah anak, agar kondisinya bisa dibenahi atau diperbaiki. Ini dikarenakan, anak-anak memiliki perbedaan. Atas dasar ini, tidaklah mungkin membenahi kondisi anak selalu dengan kelembutan atau selalu dengan kekerasan. Sebab, terdapat kondisi anak yang membutuhkan tekanan agar diam dan tenang. Singkatnya kita menentang kekasaran dan kekerasan, karena kekerasan adalah sebentuk kemarahan dan kekasaran merupakan sebentuk perrnusuhan. Benar, kita perlu membedakan antara kekerasan dan ketegasan yang mendidik. Dan metode dasar pendidikan Islam adalah kelembutan.***

 (Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)

Wed, 18 Apr 2018 @14:05

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved