Menyayangi yang Lebih Kecil

image

Tanya: Dalam sebuah hadis disebutkan: Barangsiapa yang tidak menyayangi yang kecil dan tidak menghormati yang besar, maka dia tidak termasuk golongan kami. Apa yang dimaksud dengan menyayangi yang lebih kecil?

Jawab: Barangkali yang dimaksud dengan "menyayangi yang lebih kecil" adalah menanamkan benih-benih emosi (kasih sayang) dalam kepribadian anak, sehingga dia akan merasa tenang dan tenteram, lantaran cinta dan perlindungan dari ayah-ibunya, dengan cara mencium, memeluk, dan memberinya kehangatan jiwa sehingga dia merasa senang. Ini berdampak positif bagi masa depannya.

Mungkin hadis di atas menjelaskan bahwa persoalan kasih sayang merupakan bagian dari ajaran-ajaran spiritual Islam; Allah ingin hal ini diterapkan di tengah masyarakat agar segala hubungan dan gerakan terbangun di atas landasan kasih sayang. Siapa saja yang menyayangi, maka dia akan disayangi. Ini selaras dengan garis-garis umum moral masyarakat Islami.

Sementara, sesiapa yang tak menyayangi maka dia akan kehilangan kasih sayang orang kepadanya. Sebab dirinya tak memiliki perasaan kepada orang lain; dalam memenuhi kebutuhan kejiwaan dan praktisnya. Kasih sayang merupakan salah satu di antara sifat-sifat Allah; Dia menghendaki hamba-hamba-Nya selalu mengingat-Nya dengan sifat tersebut agar mereka terpengaruh secara rasional, spiritual, dan praktik. ***

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)

Thu, 19 Apr 2018 @14:02

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved