AUDIO MISYKAT

TATA CARA WUDHU

TATA CARA SHALAT

TATA CARA TAYAMUM

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK: Komunitas Misykat

BAHAN BACAAN

Hijr Ismail

image

Hijr artinya buaian. Hijr Ismail adalah tempat Siti Hajar sa menggendong, mengasuh, meninabobokan; tempat Siti Hajar sa mencurahkan kasih sayang untuk Nabi Ismail as.

Hijr Ismail as adalah tempat dimakamkannya Siti Hajar sa, Nabi Ismail as, dan para nabi lainnya. Shalat di dalamnya seperti shalat di dalam Ka’bah. Di bawah talang emas Hijr Isma’il as keluarga dan cucu Rasulullah Saw sering terlihat berdoa. Bila tidak berdesakan, sangat baik dicoba dan shalat di dalamnya.

Menurut Dr. Ali Syariati bahwa hijr Ismail istimewa. Ia bukan bagian awal dari Kabah. Ia menjadi bagian dari Ka’bah setelah peristiwa Nabi Ismail as dan Siti Hajar sa. Mengapa istimewa?

Dari semua makhluk, Allah Ta’ala pilih seorang perempuan. Dari semua perempuan, yang berkulit hitam. Dari semua perempuan dan berkulit hitam, seorang budak belian. Ketiga kelompok ini yang sering direndahkan manusia: perempuan, kulit hitam, dan budak belian.

Dan Allah Ta’ala memuliakan semuanya dengan menjadikan Siti Hajar sa dan sejarahnya menjadi bagian dari Ka’bah yang dimuliakan. Karenanya, tidak boleh manusia memandang rendah pada siapa pun.

Mekkah, 29 April 2018

@miftahrakhmat

Wed, 2 May 2018 @09:29

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved