AUDIO MISYKAT

TATA CARA WUDHU

TATA CARA SHALAT

TATA CARA TAYAMUM

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK: Komunitas Misykat

BAHAN BACAAN

Batas Hubungan Seks ketika Istri Haid

image

Soal: Apakah menjaga jarak dari istri selama masa haid hanya terbatas pada bagian depan? Apa batas halal hubungan seks selama masa haid? 

Jawab: Normalnya, ketidakbolehan berhubungan seks dengan istri selama masa haid terbatas pada bagian tertentu, yaitu kemaluan wanita. Akan tetapi, suami dapat memperoleh kenikmatan dengan memanfaatkan bagian-bagian ekstemal. Terdapat kontroversi mengenai hubungan seks lewat dubur (anal intercourse).

Secara prinsipil, sebagian fukaha melarang seks anal, tetapi ahli fikih lain yang membolehkannya pun berbeda secara fikih. Sebagian percaya bahwa seks anal dibolehkan selama masa haid berdasarkan pada ayat Al-Qur'an: "Jagalah jarak dari wanita selama masa haid" menunjukkan bagian depan. 

Sementara yang lainnya menginterpretasikan: “Jagalah jarak dari wanita” maksudnya jauh dari segala hubungan seks. Karena itu, mereka melarangnya baik melalui depan atau pun melalui belakang selama masa haid. Kami percaya bahwa hubungan seks yang biasa tidak dibolehkan selama masa haid. Pada umumnya, secara prinsip kami tidak melarang seks anal dengan beberapa syarat yang hati-hati. ***

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Soal Jawab Fikih Kontemporer. Cianjur: Titian Cahaya, 2005)

Mon, 7 May 2018 @13:59

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved