AUDIO KAJIAN ISLAM

BERBAGI BUKU ISLAM

TULIS nama, alamat lengkap & nomor HP/WhatsApp pada KONTAK

TATA CARA SHALAT

MEDSOS ISLAM

FACEBOOK Komunitas Misykat

YouTube Channel MISYKAT TV 

YouTube Ngobrol Persatuan Islam 

BAHAN BACAAN
PENGUNJUNG

Flag Counter

Tazkirah Ramadhan: Manusia

image

Manusia adalah makhluk yang paling luar biasa di antara seluruh ciptaan Allah SWT.  Tidak ada makhluk yang serumit dan sesempurna manusia.

Kita patut sangat bersyukur Allah SWT telah menghadirkan kitab dalam wujud manusia. Sebuah kemuliaan yang diberikan Allah SWT tanpa tuntutan kompensasi apa pun. 

Jika malaikat hanya memiliki Akal dan Binatang hanya memilki Syahwat maka manusia memilki keduanya: Akal dan Syhawat. Manusia bisa melampaui Malaikat namun bisa lebih rendah dari Binatang. 

Begitu kompleknya diri manusia karena itu Allah SWT berfirman: "Sungguh telah kami ciptakan Manusia dalam sebaik-baiknya komposisi" (QS 95:4). 

Namun demikian banyak manusia yang tidak menyadari keagungan hakikat dirinya sebagai manusia padahal Rasulullah Saw bersabda: "Barangsiapa mengenali dirinya maka dia akan mengenal Tuhannya."   

Bagaimana mungkin dia akan memiliki Ma'rifat tentang Allah SWT sekiranya dia tidak memiliki Ma'rifat terhadap hakikat dirinya sendiri. 

Puasa mengajak kita untuk menyadari hakikat diri kita dan karenanya perkenankan saya mengajak anda semua selama Ramadhan untuk mengenali lebih dalam tentang hakikat kita sebagai manusia, agar paling tidak kita memahami hakikat sebagai manusia. 

Semoga Allah SWT memberikan Petunjuk dan Taufik-Nya agar dapat menyelesaikan Tazkirah Ramadhan tahun ini hingga akhir. Ya Allah, jadikan Ramadhan ini Ramadhan istimewa bagi kami semua.***

 

Dr Kholid Al-Walid adalah Dosen UIN SGD Bandung

 

Thu, 17 May 2018 @12:17


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 Misykat · All Rights Reserved